Sejarah Singkat Masjid-Masjid Bersejarah di Madinah

Sejarah Singkat Masjid-Masjid Bersejarah di Madinah

Masji Nabawi di Madinah--shuttlecock

 

6. Masjid Jum’ah 

Masjid Jum’ah terletak ± 500 meter sebelah utara Masjid Quba. Di tanah ini dulu tinggal Bani Salim bin ‘Auf. Rasulullah SAW mampir ke tempat tersebut pada hari Jumat, lalu tiba waktu salat Żuhur.  

Rasulullah SAW kemudian salat dua rakaat didahului dua khutbah. Inilah salat berjamaah Jumat pertama yang dilaksanakan oleh Rasulullah SAW walaupun perintah salat berjamaah Jumat telah turun sewaktu Rasulullah SAW masih berada di Makkah. 

Saat itu Rasulullah SAW tidak melaksanakannya karena menghindari azab kaum Musyrikin 

Makkah. Tapi waktu itu, Mas’ab bin Umair telah melaksanakannya di Quba, di tempat Bani Amru bin ‘Auf yang nantinya menjadi bagian dari Masjid Quba yang dibangun oleh Rasulullah SAW di saat berhijrah. 

Riwayat lain menyebutkan, sahabat pertama yang melaksanakan salat berjamaah Jumat sebelum Rasulullah SAW adalah As’ad bin Zurarah. Khutbah yang disampai kan Rasulullah SAW di masjid ini, yang selanjutnya disebut dengan Masjid Jum’ah, merupakan khut bah pertama yang disampaikan Rasulullah SAW dalam salat Jumat.

 

7. Masjid Abi Dzarr al-Ghifari 

Awalnya dikenal dengan nama Masjid al-Bukhair, masjid ini terletak di sebuah perkebunan sekitar 650 meter dari Masjid Nabawi. 

Masjid ini dikenal juga dengan nama Masjid as-Sajadah karena Rasulullah SAW pernah mampir ke masjid ini dan salat dua rakaat dengan sujud akhirnya panjang sekali, sehingga para sahabat mengira dan khawatir Rasulullah SAW telah meninggal dalam sujudnya. 

Namun, ternyata Nabi bangkit dan menyelesaikan salatnya. Selepas salat,  Abdur rahman bin Auf bertanya kepada Rasulullah SAW tentang sujudnya yang panjang, Rasulullah SAW menjawab:

"Abdurrahman bin Auf RA berkata… Nabi SAW bersabda: ‘’Sesungguhnya Jibril AS datang kepadaku menyampaikan kabar gembira, katanya Allah ‘Azza wa Jalla berfirman: ‘’siapa saja bersha lawat kepadamu, maka Aku akan bersalawat kepadanya, dan siapa saja yang memberi salam kepadamu, niscaya Aku akan memberi salam kepadanya,’’ maka aku bersujud kepada Allah Azza wa Jalla sebagai wujud rasa syukur.’’ (HR. Ahmad)

Berdasarkan peristiwa di atas, masjid yang kini berada di jalan Abu Dzar al-Ghifari Madinah ini juga dikenal dengan nama Masjid salawat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: