Tipe-tipe Manipulasi Orang yang Sering Terjadi Menurut Psikologi, Simak Yuk Biar Gak Terjebak Lagi

Tipe-tipe Manipulasi Orang yang Sering Terjadi Menurut Psikologi, Simak Yuk Biar Gak Terjebak Lagi

Tipe-tipe Manusia Manipulatif Menurut Psikologi -Pinterest/Free Pik-

INFORADAR.ID- Manipulasi psikologi merupakan perilaku yang memanfaatkan titik lemah dari kondisi emosi dan mental seseorang. Tujuannya adalah untuk mengubah persepsi atau tindakan orang tersebut seperti apa yang sang manipulator inginkan. yang membuat kamu menjadi insecure, merasa bersalah, merasa gak percaya diri. 

1. Penerangan Gas

Kondisi dimana orang akan berbohong dan memutarbalikkan fakta yang ada, Sehingga kamu menjadi meragukan diri sendiri dan selalu merasa bahwa kamulah yang bersalah dan Mengada-ada.

2. Berlagak Seperti Korban

Playing victim dimana orang yang sebenarnya salah tapi kemudian memutar keadaan dan berpura-pura bahwa dia adalah korban, pelaku yang melakukan kesalahan akan memutarbalikkan fakta dengan mengarang cerita untuk menyalahkan orang lain.

3. Love Bombing

Terus-terusan memberikan pujian, perhatian, janji manis, hadiah. Walaupun kalian belum lama kenal, hal ini dilakukan pelaku untuk membuat kamu tertarik padanya, membuat kamu tidak bisa kehilangan dirinya, membuat kamu menjadi bergantung dengan dia, dan dia jauh lebih mudah untuk mengontrol kamu.

BACA JUGA:5 Manfaat Poundfit, Olahraga Stick yang Sedang Naik Daun

BACA JUGA:Mengapa Hari Santri Nasional Diperingati dan Sejak Kapan Adanya?

4. Triangulasi

Kondisi dimana orang akan melibatkan pihak ketiga dalam sebuah konflik. Tujuan dari keterlibatan orang ketiga ini adalah untuk membuat dirinya lebih superior dan berkuasa. Misalnya, ada orang yang membenci dirimu dan selalu merasa iri. Biasanya orang tersebut akan mempengaruhi orang lain agar ikut membenci dirimu dan bergabung dengannya.

5. Guilt Tripping

Kamu akan dibuat seolah-olah selalu bersalah dan tidak enak hati, kamu merasa apapun yang kamu lakukan itu salah. Kamu akan dibuat merasa takut untuk mengatakan tidak, karena kamu Takut mengecewakan orang lain, sehingga kamu tidak bisa menolak untuk melakukan apa yang dia mau.

6. The Spagethi Test

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: