Rektor Untirta Jalani Kunjungan dengan Univerity of Edinburgh Guna Meningkatkan Daya Saing Global

Rektor Untirta Jalani Kunjungan dengan Univerity of Edinburgh Guna Meningkatkan Daya Saing Global

Rektor Untirta Jalani Kunjungan Dengan Univerity of Edinburgh-Instagram @untirtaofficial-

INFORADAR.ID- Kembali lakukan kunjungan ke universitas di luar negri, rektor universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta) prof. Fatah Sulaiman sambangi University of Edinburgh pada senin 16 September 2024.

Pada kesempatan menyambangi University of Edinburgh, Fatah Sulaiman bersama wakil rektor bidang perencanaan dan kerja sama, prof Alfirano, serta kepala UPA bahasa dan Internasionalisasi. 

Tujuan Fatah Sulaiman berkunjung ke University of Edinburgh yang berada di Skotlandia ini adalah untuk memperluas peluang kolaborasi pada bidang akademik antara Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan University of Edinburgh. Terlebih, University of Edinburgh merupakan salah satu kampus tertua dan tersohor di dunia.

Pada kesempatan kolaborasi ini, rektor Untirta langsung disambut oleh Dr. Shoaib Ahmed Malik yang merupakan dosen sekaligus peneliti di School of Divinity. Dr Ahmed juga salah satu orang yang turut berperan dalam terjadinya proses kolaborasi antara kedua kampus ini.

BACA JUGA:5 Pantai Terbaik untuk Berselancar di Banten

BACA JUGA:HPN 2025 KALSEL: Riau Batal Jadi Tuan Rumah, PWI Pusat Tegaskan Keputusan Konkernas

Pada saat sesi diskusi, Fatah Sulaiman menyampaikan keinginannya untuk dapat memperluas jangkauan kolaborasi bersama dengan para akademisi dan peneliti dari University of Edinburgh.

Memperluas kolaborasi ini juga merupakan program Memorandum of Understanding (MoU) yang sedang kedua kampus ini kembangkan. Pada Kesempatan kolaborasi ini, di harapkan kedua kampus untuk dapat bisa mencakup pada bidang penelitian dan pengajaran yang lebih inovatif. Fatah Sulaiman juga menekankan tentang pentingnya membangun hubungan yang baik dan strategis yang dapat memperkuat nama Untirta dalam akademik internasional.

Salah satu pesan penting lainnya yang disampaikan oleh Fatah Sulaiman adalah tentang program PhD Pathway. PhD Pathway merupakan salah satu program untuk memberikan kesempatan kepada para dosen-dosen muda agar dapat melakukan pendidikan doktoral di University of Edinburgh yang merupakan bagian dari upaya meningkatkan kapasitas akademik di lingkungan Untirta.

Tidak hanya itu saja, pada program PhD Pathway ini juga diharapkan untuk bisa mempercepat proses pengembangan kualitas sumber daya manusia yang ada dilingkungan Untirta serta dapat memberikan manfaat pada kemajuan pada bidang riset dan pengajaran di Indonesia khususnya pada skala universitas.

BACA JUGA:Resep Zuppa Soup ala Putri Habibie, Creamy dengan Puff Pastry dan Dipanggang Crispy

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Parfum yang Ada di Supermarket, Wanginya Tahan Lama

Pada lanjutan diskusinya, Fatah Sulaiman membahasa tentang peluang untuk melakukan pengembangan penelitian bersama (join research) dan inovasi dalam metode pengajaran (teaching innovation).

Kolaborasi pada penelitian antara Untirta dan University of Edinburgh diarapkan nntinya dapat memberikan dampak yang signifikan pada pengembangan ilmu pengetahuan di Untirta, dan juga dapat memperkuat reputasi di tingkat global.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: