Manajemen Waktu yang efektif Ala Mahasiswa Untirta, Patut Ditiru

Manajemen Waktu yang efektif Ala Mahasiswa Untirta, Patut Ditiru

Cara memenajemen waktu yg efektif di kalangan mahasiswa yang produktif-Tatia for inforadar.id-

INFORADAR.ID - Manajemen waktu adalah keterampilan penting yang semakin disadari oleh mahasiswa sebagai kunci kesuksesan dalam kehidupan akademik maupun karier.

Di era modern ini, dengan semakin banyaknya tuntutan dari tugas akademik, organisasi kampus, dan kegiatan sosial, mahasiswa sering kali menghadapi tantangan dalam mengatur waktu mereka secara efektif. Tanpa manajemen waktu yang baik, stres dan tekanan bisa meningkat, menghambat produktivitas serta pencapaian akademik.

Menurut Tatia Rizkiyani yang merupakan Mahasiswi sekaligus wakil nong 2 Untirta, manajemen waktu yang efektif harus memfokuskan perhatian pada tugas-tugas kuliah terlebih dahulu di bandingkan dengan tugas di luar Akademik. “Manajemen waktu yang efektif versi aku itu dapat dicapai dengan memfokuskan perhatian pada tugas-tugas yang deadlinenya lebih dekat, " Ujarnya.

Selain itu, Tatia Rizkiyani juga menyebutkan Point- Point penting untuk menghindari procrastination (menunda-nunda pekerjaan) serta memanajemen waktu yang efektif. "Pertama, identifikasi semua tugas yang harus diselesaikan beserta deadlinenya, lalu urutkan berdasarkan urgensi dan pentingnya. Prioritaskan tugas-tugas dengan deadline mendekat, karena mereka memerlukan perhatian segera.

BACA JUGA:Segera Hadir Film Pantaskah Aku Berhijab, Dibintangi Bryan Domani dan Nadya Arina

BACA JUGA:Mengapa Siklus Haidmu Tidak Lancar? Ini Penyebabnya yang Wajib Kamu Pahami!

Selanjutnya, aku pake metode bagi waktu  dengan bijaksana dengan menetapkan jadwal harian atau mingguan yang mencakup waktu khusus untuk menyelesaikan setiap tugas, termasuk memberikan waktu ekstra untuk tugas yang lebih rumit. Terakhir, aku selalu evaluasi secara berkala kemajuan aku dan sesuaikan jadwal serta prioritas sesuai dengan perubahan kebutuhan atau deadline. 

Bikin skala prioritas itu si yang paling perlu biar kita bisa manajemen waktu dengan tepat,” ujar Tatia Rizkiyani, seorang mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Manajemen waktu juga berperan dalam meningkatkan kualitas hidup mahasiswa. Dengan kemampuan mengatur waktu yang baik, mereka bisa menyisihkan waktu untuk bersosialisasi dan berolahraga, yang sangat penting untuk menjaga keseimbangan antara kehidupan akademik dan pribadi. Banyak mahasiswa yang setuju bahwa jadwal yang teratur membantu mereka lebih produktif dan mengurangi tingkat stres.

Sementara itu, dukungan dari institusi pendidikan juga sangat penting. Banyak kampus kini menawarkan seminar dan lokakarya tentang manajemen waktu, yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan keterampilan yang dibutuhkan agar dapat menghadapi tekanan akademik secara lebih efektif.

BACA JUGA:KJRI Hamburg Menerima Kedatangan BPIP dan MPR untuk Memperkuat Pancasila di Hamburg

BACA JUGA:2 Cara Komunikasi yang Bisa Menciptakan Karyawan Lebih Bahagia dan Produktif

Secara keseluruhan, manajemen waktu telah diakui oleh banyak mahasiswa sebagai keterampilan yang harus dikuasai untuk mencapai kesuksesan, baik dalam pendidikan maupun dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memanfaatkan waktu sebaik mungkin, mahasiswa dapat menyelesaikan tugas lebih efisien dan merasa lebih siap menghadapi tantangan di masa depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: