Tips Membangun Percakapan Dengan Metode Pingpong, Cobain Biar Gak Mati Topik

Tips Membangun Percakapan Dengan Metode Pingpong, Cobain Biar Gak Mati Topik

Ilustrasi membangun percakapan-Pinterest/Vecteezy-

BACA JUGA:Demonstrasikan Inovasi Teknologi Tepat Guna, Mahasiswa KKM UNIBA Kenalkan Alat Pencacah Daun dan Roster

2. Tidak Kaku

Kunci membangun percakapan dengan metode pingpong adalah terletak pada kesadaran untuk tidak menjadikan percakapan sebagai sesi tanya jawab yang kaku. 

Fokus pada interaksi dua arah yang dimana masing-masing memiliki kesempatan untuk berbicara dan didengarkan. Hal ini tidak membuat percakapan tidak terasa seperti  percakapan yang membosankan, namun diskusi yang penuh arti.

3. Beri Tanggapan yang Relevan

Dalam metode pingpong bukan hanya mengajukan pertanyaan, tapi memberikan tanggapan yang relevan dan menunjukkan empati. Setelah lawan bicaramu menjawab, kamu dapat menambahkan komentar yang berkaitan dengan jawabanya.

Misalnya kamu bertanya apa hobinya, setelah ia menjawab kamu dapat menanggapi bagaimana ketertarikanmu juga pada hobi tersebut, atau bahas bagaimana pengalamanya dalam melakukan hobi.

Hal ini dapat membuat percakapan lebih bermakna dan lawan bicaramu terbuka untuk berbicara denganmu bahkan yang awalnya tampak tertutup.

BACA JUGA:5 Cara Efektif Menghadapi Pasangan yang Sulit Berkomunikasi dalam Suatu Hubungan 

BACA JUGA:Salah Satu Karakter One Piece Ini Dikonfirmasi Memiliki Haki

4. Tidak Terburu-buru

Jangan terburu-buru untuk mengganti topik atau mengajukan pertanyaan baru, beri ruang ia untuk berbicara. Bukan hanya memperdalam percakapan, tapi memperkuat hubungan interpersonal kamu. 

Gunakan metode ini dengan keaslian, tidak berpura-pura tertarik atau mengajukan pertanyaan hanya untuk menjaga percakapan berjalan. Jadilah juga pendengar yang aktif dan terlibat, biarkan percakapan berkembang secara alami.

 Itulah 4 tips membangun percakapan dengan metode pingpong, namun kamu harus memiliki kesabaran dalam menggunakan metode ini karena terkadang orang butuh waktu untuk merasa nyaman dalam membuka diri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: