Demonstrasikan Inovasi Teknologi Tepat Guna, Mahasiswa KKM UNIBA Kenalkan Alat Pencacah Daun dan Roster

Demonstrasikan Inovasi Teknologi Tepat Guna, Mahasiswa KKM UNIBA Kenalkan Alat Pencacah Daun dan Roster

Potret mahasiswa kKM UNIBA pasca membuat alat pencacah daun dan Roster.-doc pribadi-

INFORADAR.ID – Mahasiswa Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) kelompok 4 Universitas Bina Bangsa (UNIBA) menggelar demonstrasi teknologi tepat guna di Desa Cigoong pada Minggu (02/09/24).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan inovasi alat pencacah daun dan roster yang terbuat dari campuran sampah plastik kepada masyarakat setempat.

Ketua Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Cigoong, Eha, menyampaikan apresiasinya terhadap program yang digagas oleh mahasiswa UNIBA. 

"Kami sangat berterima kasih kepada mahasiswa KKM Kelompok 4 Uniba atas inisiatifnya memperkenalkan alat pencacah daun ini. Alat ini sangat bermanfaat bagi kami, khususnya untuk mengolah sampah daun menjadi kompos yang bisa digunakan kembali untuk pertanian," ujar Eha saat ditemui di lokasi acara. 

Ia juga menambahkan bahwa alat ini dapat membantu mengurangi pembakaran daun yang kerap menjadi masalah di lingkungan mereka.

BACA JUGA:Teruntuk Mahasiswa Baru, Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Memulai Perkuliahan!

BACA JUGA:Menjadi Mahasiswa yang Bermental Baja dengan Melakukan 5 Hal Penting Ini


Potret KKM UNIBA kenalkan demonstrasi inovasi tepat guna.-doc pribadi-

Selain alat pencacah daun, mahasiswa juga memperkenalkan roster yang terbuat dari campuran sampah plastik daur ulang. 

Penanggung jawab bidang teknologi tepat guna, Ratu Nihayah juga turut memberikan penjelasan dari roset yang dibuat.

"Roster dari campuran plastik ini merupakan solusi inovatif untuk mengurangi limbah plastik sekaligus menyediakan alternatif material bangunan yang ramah lingkungan dan ekonomis. Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan teknologi ini dalam pembangunan rumah atau fasilitas umum."

Demonstrasi ini menarik perhatian warga Desa Cigoong yang antusias mempelajari cara kerja alat pencacah daun dan proses pembuatan roster dari plastik daur ulang. 

Mereka berharap inovasi ini bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mengelola limbah secara lebih efektif dan berkelanjutan.

Melalui kegiatan ini, mahasiswa KKM Kelompok 4 Uniba berharap dapat mendorong masyarakat Desa Cigoong untuk memanfaatkan teknologi tepat guna dalam mengatasi permasalahan lingkungan sekaligus meningkatkan produktivitas pertanian.

BACA JUGA:Pendaftaran Beasiswa KIP Kuliah UIN Banten Sudah Dibuka, Simak Persyaratan Lengkap dengan Alurnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: