KKM Kelompok 19 UNIBA Gelar Sosialisasi Parenting Tentang Kesehatan Mental Anak Usia Dini

KKM Kelompok 19 UNIBA Gelar Sosialisasi Parenting Tentang Kesehatan Mental Anak Usia Dini

Kegiatan Kelompok 19 KKM UNIBA di Desa Pulo Panjang, Sosialisasi Parenting.-KKM UNIBA-

INFORADAR.ID - Kelompok Kuliah Kerja Mahasiswa (KKM) 19 dari Universitas Bina Bangsa (UNIBA) telah melakukan sosialisasi parenting tentang kesehatan mental anak di Desa Pulo Panjang, Kecamatan Pulo Ampel, Kabupaten Serang.

Kegitan ini merupakan program kerja dari bidang pendidikan dan keterampilan, berlangsung pada tanggal 03 September 2024, kemudian dilaksanakan di RA Ibnu Abbas dengan sasaranya yaitu walimurid atau orang tua siswa siswa RA Ibnu Abbas.

Diadakannya kegiatan ini karena pada masa ini sangat penting sekali untuk perkembangan emosional, social, dan kognitif mereka. 

Program tersebut menekankan pentingnya membangun ikatan emosional yang kuat antara orang tua dan anak, memberikan dukungan yang diperlukan, serta membantu anak mengelola stres dan kecemasan.

BACA JUGA:KKM UNIBA Gelar Sosialisasi Pencegahan Konsumsi Narkotika dan Miras Pada Kalangan Gen-Z di Desa Pulo Panjang

Aktivitas seperti mendengarkan keluh kesah anak, mendukung minat dan bakat mereka, serta mendorong kemandirian adalah langkah konkret yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental anak-anak.

Kegiatan ini dibuat oleh kelompok KKM 19 UNIBA sebagai solusi untuk menginformasikan kepada para orang tua atau walimurid RA Ibnu Abbas tentang kesehatan mental anak dan bagaimana cara mendidik anak dengan baik sehingga para orang tua dapat memahami tentang kebutuhan pertkembangan anak dengan baik.

Koordnator kelompok KKM 19, Jihan Hanifah, menjelaskan bahwa program ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada orang tua tentang bagaimana membiasakan pola hidup sehat untuk anak, seperti memberi nutrisi seimbang, mendorong aktivitas fisik, dan memastikan anak mendapatkan cukup istirahat.

BACA JUGA:Tim Pengabdian Masyarakat Unsera Dampingi KKMBP di Desa Margamulya Lebak

Para orang tua atau walimurid RA Ibnu Abbas sudah memberikan pengasuhan yang baik, tetapi penting bagi para orang tua semakin peka dan memahami (Melek) terhadap kesehatan mental anak usia dini, di era yang semakin kompleks ini kesehatan mental menjadi salah satu aspek yang tidak boleh di abaikan dalam perkembangan anak.

Dengan pemahaman yang mendalam tentang bagaimanamendukung kesejahteraan emosional da psikologi anak orang tua dapat membantu mencegah berbagai masalah mental yang timbul di masa depan. 

Maka kami berharap para orang tua lebih melek lagi terhadap kesehatan mental anak sejak usia dini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: