Teruntuk Mahasiswa Baru, Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Memulai Perkuliahan!

Teruntuk Mahasiswa Baru, Persiapkan 6 Hal Ini Ketika Memulai Perkuliahan!

Potret mahasiswa baru.-pixabay/@garetsvisual-

INFORADAR.ID – Masuk ke universitas adalah langkah besar, penuh dengan peluang dan tantangan. Persiapan yang matang sangat penting untuk memastikan diri kamu agar sepenuhnya bisa siap menghadapi apa yang akan terjadi di masa depan. 

Memasuki tahun ajaran baru membawa banyak perubahan dan pengalaman baru, dan memulai dengan awal yang tepat akan membantu kamu melewati setiap tahap dengan percaya diri.

Persiapan tidak hanya mencakup persiapan akademis, seperti memahami kurikulum dan materi, tetapi juga aspek praktis seperti pengaturan tempat tinggal, manajemen waktu, dan menyesuaikan diri dengan lingkungan baru. 

Penting juga untuk membangun jaringan sosial, bertemu dengan dosen dan teman baru, serta memahami layanan dan fasilitas di kampus.

BACA JUGA:5 Tips Menghadapi Emosi Anak Remaja, No 4 Penting Banget

BACA JUGA:Tips Lolos Seleksi Administrasi CPNS 2024, BKN Ungkap Penyebab Banyak Pendaftar Gagal Karena Ini

Bagi para mahasiswa baru, kamu perlu melakukan enam hal yang dapat kamu lakukan baik sebelum atau ketika menjalani perkuliahan, sebagaimana yang disebutkan dalam unggahan @sersyfa.

1. Catatan dan ATK 


Potret mahasiswa yang sedang mencatat.-pixabay/@difisher-

Penting untuk diperhatikan bagi para mahasiswa baru utuk menyiapkan buku catatan dan alat tulis untuk memulai perkuliahan.

Hal ini tentunya akan sangat bermanfaat, di mana kamu bisa mencatat segala materi yang diberikan oleh para dosen ataupun diluar perkuliahan, karena mencatat berarti mengikat ilmu pengetahuan.

2. Mental dan Keseimbangan Emosional

Dengan mental yang sehat dan keseimbangan emosional yang baik, maka kamu tidak akan mudah merasa stress, mudah marah, mudah tersakiti atas apapun yang terjadi.

Seimbangkanlah emosi kamu agar kamu bisa tahan dan kuat ketika mengalami permasalahan yang kamu hadapi, sehingga pikiran kamu bisa tetap lebih tenang.

3. Target/Plan yang Teratur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: