Hindari 7 Makanan Ini Jika Kamu Ingin Punya Kulit Sehat: Terhindar dari Kulit Keriput dan Penuaan

Hindari 7 Makanan Ini Jika Kamu Ingin Punya Kulit Sehat: Terhindar dari Kulit Keriput dan Penuaan

Ilustrasi: Hindari makanan ini supaya kulit kamu tetap terlihat sehat, terhindar dari kulit keriput dan penuaan-Freepik.com-

1. Makanan pabrikan 

Makanan yang diproduksi di pabrik, seperti sosis, nugget, makanan kaleng, dan makanan beku lainnya, biasanya mengandung bahan pengawet, garam, dan bahan kimia yang tidak baik bagi kamu.

BACA JUGA:5 Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan Tubuh, Salah Satunya Ini

BACA JUGA:5 Alasan Gen Z Lebih Rentan Terkena Penyakit Mental, Hati-hati Ternyata Ini Penyebabnya

Meski nilai gizinya rendah, namun tinggi kalori sehingga tidak banyak memberikan efek positif bagi tubuh. 

Bahan-bahan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tubuh sehingga dapat mempercepat penuaan kulit dini. Selain itu, makanan olahan seringkali kekurangan nutrisi yang diperlukan untuk regenerasi kulit.

2. Gorengan 


Potret gorengan-Freepik.com-

Gorengan memang enak, namun sayangnya mengandung lemak trans yang berbahaya bagi kesehatan kulit.

Lemak trans dapat menyebabkan peradangan, memecah kolagen, dan merusak elastisitas kulit, sehingga menyebabkan kulit kendur dan keriput.

Selain itu, minyak yang digunakan untuk menggoreng seringkali mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel kulit bahkan menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dan risiko obesitas.

3. Gula 

Gula dan makanan manis lainnya adalah salah satu musuh terbesar kulit kamu. Mengonsumsi gula berlebih dapat menyebabkan glikasi, suatu proses di mana molekul gula berikatan dengan protein dan lemak untuk membentuk produk akhir glikasi lanjutan (AGEs).

AGEs merusak kolagen dan elastin, dua protein yang menjaga kulit tetap kencang dan elastis. Rusaknya kedua pembangun kulit ini mempercepat terbentuknya kerutan dan garis halus di wajah.

4. Kopi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: