Manfaat Minum Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini Khasiatnya

Manfaat Minum Teh Serai untuk Kesehatan Tubuh, Ternyata Ini Khasiatnya

Manfaat teh serai untuk kesehatan tubuh-Pexels.com-

Kadar kolesterol yang tinggi dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung. Teh serai dapat ditemukan di sini sebagai studi tahun 2011 oleh Gagan Shah dkk.

Ekstrak minyak serai telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol pada hewan. Namun, penurunan kolesterol bergantung pada dosis.

Pada tahun 2011, penelitian lebih lanjut pada tikus memastikan keamanan jangka panjang dari konsumsi minyak esensial serai hingga 100 mg setiap hari.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian untuk mengetahui apakah teh serai memiliki efek yang sama dengan minyak serai.

5. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Secangkir teh serai merupakan salah satu alternatif pengobatan sakit perut, kram perut, dan masalah pencernaan lainnya.

Sebuah penelitian pada hewan pengerat tahun 2012 yang dilakukan di National Institutes of Health menunjukkan bahwa serai juga efektif melawan sakit maag.

Penelitian menunjukkan bahwa minyak esensial daun serai membantu melindungi lapisan lambung dari kerusakan akibat aspirin dan etanol.

6. Mengurangi resiko kanker 

Citral yang terkandung dalam serai dikatakan memiliki efek anti kanker terhadap beberapa jenis sel kanker.

Beberapa komponen serai dapat membantu melawan kanker. Teh serai terkadang digunakan sebagai tambahan pada kemoterapi dan terapi radiasi.

Namun, ini hanya boleh digunakan di bawah bimbingan ahli onkologi (dokter spesialis kanker).

7. Membantu mengobati infeksi mulut dan gigi berlubang


Ilustrasi-Freepik.com-

Minum air serai efektif mengobati penyakit mulut karena sifat antibakterinya. Dari tahun 2012, menurut penelitian in vitro oleh Lalit Kumar D. Chaudhari dkk.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: