Kamu Butuh Cuan Tambahan? Inilah Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa

Kamu Butuh Cuan Tambahan? Inilah Rekomendasi Pekerjaan yang Bisa Kamu Lakukan Sebagai Mahasiswa

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa -Stefhanie GenRB-

INFORADAR.ID - Menjadi mahasiswa bukanlah suatu penghalang untuk kamu dapat lebih produktif dengan bekerja. Kamu bisa melatih hard skill dan soft skill kamu walaupun masih dibangku perkuliahan. Walaupun berkuliah dengan diselingi bekerja bisa menguras waktumu lebih banyak. Namun, jika kamu memiliki time management yang baik hal tersebut bukanlah suatu penghalang. 

Bekerja sambil kuliah dapat menciptakan pengalaman di dunia kerja yang dapat membuatmu lebih siap menghadapi kehidupan profesional yang akan datang. Apalagi saat ini dunia pekerjaan seringkali menginginkan individu yang memiliki kualifikasi tinggi dengan pengalaman kerja yang telah lama.

Jadi, tidak ada ruginya kamu mulai memikirkan untuk bekerja sambil berkuliah. Yuk simak rekomendasi pekerjaan yang dapat kamu lakukan saat masih berkuliah!

1. Menjadi Konten Kreator

Saat ini pekerjaan sebagai konten kreator menjadi pekerjaan yang sangat menguntungkan jika dijalankan dengan serius karena di zaman yang serba digital ini banyak masyarakat yang akan mengonsumsi berbagai konten yang dihasilkan di media sosial. Kamu dapat mulai membangun akun sosial mediamu untuk memproduksi konten kreatif. Namun, perlu diketahui bahwa tidak semua konten akan mendapatkan bayaran. Hanya konten yang menarik dan bermanfaat saja yang dapat membuatmu menghasilkan cuan dengan menjadi konten kreator.

2. Menjadi Fotografer

Untuk kamu yang memiliki hobi foto, menjadi fotografer adalah pilihan yang cocok untuk kamu menyalurkan hobimu dan mendapatkan penghasilan tambahan. Walaupun dibutuhkan modal lebih untuk menjadi seorang fotografer profesional, mulai dari alat berupa kamera dan perlengkapannya hingga kursus yang harus kamu ikuti. Namun, jika ditekuni dengan serius maka profesi ini bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan untukmu. 

BACA JUGA:5 Skill Ini Harus Dimiliki Mahasiswa, Sudah Ada yang Kamu Kuasai?

Sebagai fotografer kamu akan sering mendapatkan tawaran untuk mengabadikan momen seperti pernikahan, foto prewedding, jasa foto tahunan, jasa foto produk. Selain itu, kamu juga dapat menjual hasil fotomu secara online. Dengan perkembangan teknologi saat ini, foto yang kamu ambil dapat menjadi cuan jika dijual di internet. Kamu bisa menjual foto yang kamu ambil melalui Adobe Stock, Shutterfly, iStockphoto, dan masih banyak lagi. 

3. Menjalankan Bisnis Kuliner 

Bisnis kuliner merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati karena setiap manusia memerlukan makan untuk mendukung kelangsungan hidupnya. Untuk itu, bisnis kuliner ini dapat kamu jadikan peluang untuk menghasilkan uang sejak masih kuliah. Untuk kamu yang memiliki hobi memasak bisnis ini akan sangat menyenangkan untuk kamu jalani. Kamu bisa menargetkan teman-teman kuliahmu sebagai konsumen karena mahasiswa pasti menyukai jajanan. 

4. Menjadi Penulis Lepas 

Menjadi penulis merupakan salah satu cara menghasilkan uang dengan cara mudah yang dapat kamu coba. Untuk kamu yang memiliki hobi menulis hal ini bukanlah sebuah pekerjaan yang memberatkan untukmu. Kamu juga dapat meningkatkan skill menulis yang kamu miliki melalui pekerjaan ini. Kamu bisa bekerja sebagai penulis artikel, menjadi blogger, dan mengirimkan karyamu berupa cerpen dan puisi kepada penerbit untuk mendapatkan royalti.

5. Berjualan Online 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: