4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Begadang Sekarang Juga menurut Dr. Tirta

4 Alasan Kenapa Kamu Harus Berhenti Begadang Sekarang Juga menurut Dr. Tirta

Alasan kenapa kamu harus berhenti begadang sekarang juga-www.pexels.com/Stas Knop-

INFORADAR.ID - Kebiasaan begadang yang sering dianggap sepele ternyata membawa dampak serius bagi kesehatan, baik fisik maupun mental. Dr. Tirta menjelaskan bagaimana kurang tidur bisa memicu stres, melemahkan sistem imun, hingga meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Begadang adalah kebiasaan tetap terjaga dan tidak tidur hingga larut malam atau bahkan hingga dini hari. Biasanya, begadang dilakukan untuk menyelesaikan pekerjaan, belajar, atau terlibat dalam aktivitas rekreasi seperti menonton film, bermain game, atau bersosialisasi. 

Meskipun kadang-kadang begadang dianggap sebagai cara untuk memaksimalkan waktu atau mengejar ketertinggalan, kebiasaan ini dapat mengganggu pola tidur normal dan berdampak negatif pada kesehatan fisik dan mental. 

BACA JUGA:Tips Cepat Tidur Untuk Kamu yang Suka Begadang

Kurang tidur yang disebabkan oleh begadang dapat mengakibatkan penurunan fungsi kognitif, gangguan suasana hati, penurunan daya tahan tubuh, serta peningkatan risiko penyakit kronis.

Dr. Tirta di Channel YouTube-nya (Tirta PengPengPeng) Menjelaskan Alasan kenapa kamu harus berhenti begadang sekarang juga :

1. Tubuh kurang Beristirahat

Kebiasaan begadang yang sering dilakukan banyak orang dapat menyebabkan tubuh kurang beristirahat, Dr. Tirta menjelaskan alasan utama kita harus tidur ketika malam hari adalah karena waktu malam adalah waktu tubuh untuk recovery karena di siang hari tubuh kita selalu bergerak. 

Alasan lainnya adalah karena jika kita tidur di siang hari tubuh kita tidak bisa melakukan recovery seperti kita tidur di waktu malam. 

2. Tingkat Stress yang tinggi

Begadang bukan hanya membuat tubuh kurang beristirahat, tetapi juga dapat meningkatkan tingkat stres secara signifikan. Kurang tidur mengganggu keseimbangan hormon dalam tubuh, yang dapat memperburuk respons stres dan mengakibatkan perasaan cemas, mudah marah, dan depresi. 

Dr. Tirta juga menekankan pentingnya tidur yang cukup,tidak kurang dan tidak lebih untuk menjaga kesehatan mental dan emosional, serta mengurangi risiko terkena berbagai gangguan psikologis. Menjaga pola tidur yang sehat adalah langkah penting untuk mengelola stres dan meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan.

3. Meningkatkan Resiko penyakit Kanker dan jantung

Begadang tidak hanya menyebabkan tubuh kurang beristirahat dan meningkatkan tingkat stres, tetapi juga dapat meningkatkan risiko terkena penyakit serius seperti kanker dan penyakit jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: