Mengenali Gejala Asam Lambung dan Cara Mudah Mengatasinya

Mengenali Gejala Asam Lambung dan Cara Mudah Mengatasinya

Potret orang yang mengalami asam lambung naik.-@freepik-

INFORADAR.ID - Asam lambung adalah masalah pencernaan yang umum terjadi, namun sering kali diabaikan atau dianggap sepele.

Gejala asam lambung bisa sangat mengganggu dan memengaruhi kualitas hidup seseorang. Artikel ini akan membantu Anda mengenali gejala asam lambung dan memberikan panduan tentang cara mengatasinya dengan efektif.

Asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD), adalah kondisi di mana asam dari lambung naik ke kerongkongan. Ini terjadi ketika sfingter esofagus bagian bawah, yaitu otot yang seharusnya menutup saluran makanan dari lambung, melemah atau tidak berfungsi dengan baik. 

Akibatnya, asam lambung bisa menyebabkan iritasi pada lapisan esofagus dan menyebabkan gejala yang tidak nyaman.

BACA JUGA:Penderita GERD Tak Boleh Minum Kopi? Ini Cara Aman Minum Kopi Tanda Takut Asam Lambung Naik

BACA JUGA:5 Langkah Mencegah dan Mengurangi Gejala Penyakit Asam Lambung dan Gerd, Terapkan Segera!


Potret orang yang sedang mengalami gerd.-freepik/@photo-

Gejala Asam Lambung

Gejala asam lambung bervariasi dari ringan hingga parah, dan sering kali mirip dengan gejala gangguan pencernaan lainnya. Beberapa gejala yang umum meliputi:

1. Nyeri Dada

Salah satu gejala utama asam lambung adalah nyeri dada atau sensasi terbakar di bagian tengah dada, yang dikenal dengan istilah heartburn. Nyeri ini seringkali muncul setelah makan atau saat berbaring.

2. Regurgitasi

Ini adalah kondisi di mana asam lambung naik kembali ke tenggorokan, menyebabkan rasa asam atau pahit di mulut. Regurgitasi sering disertai dengan sensasi makanan yang tidak dicerna.

3. Kesulitan Menelan

Penderita asam lambung kadang-kadang merasa seperti ada sesuatu yang mengganjal di tenggorokan atau kesulitan saat menelan makanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: