Inilah Alasan Kenapa Wikipedia Tidak Bisa Menjadi Sumber Tulisan Jurnal atau Karya Ilmiah

Inilah Alasan Kenapa Wikipedia Tidak Bisa Menjadi Sumber Tulisan Jurnal atau Karya Ilmiah

Wikipedia-Pinterest / Ars Technica-

INFORADAR.ID - Ensiklopedia, termasuk Wikipedia itu sendiri tidak disarankan untuk menjadi bahan referensi dari penelitian, jurnal atau tulisan anda.

Wikipedia sendiri dipelihara dan ditulis oleh sukarelawan dengan kolaborasi yang sangat terbuka melalui software mediawiki sehingga sekarang Wikipedia mempunyai 50 juta artikel di Desember 2023.

Hampir 4,3 miliar orang di seluruh penjuru dunia mengunjungi website wikipedia.org.  Namun, kepopuleran tersebut bukan berarti informasi yang berada di website tersebut tervalidasi.

Wikimedia Indonesia (WMID), organisasi yang turut mengelola Wikipedia juga menyebutkan bahwa tidak diperbolehkannya mengutip dari Wikipedia itu sendiri.

Alasan Wikipedia tidak bisa dikutip juga karena semua orang bisa mengedit artikel sehingga para civitas akademik tidak memercayai ke validasian informasinya meskipun Wikipedia mengonfirmasi bahwa mereka akan cepat menangani hoax atau vandalisme di website mereka.

BACA JUGA:Dibuka Beasiswa S2 Jepang Inpex 2024: Pendaftaran Sampai Tanggal 31 Oktober 2024, Ini Syaratnya

“Paling cuman bertahan satu jam,” ujar John Lubbock, mantan koordinator komunikasi Wikimedua UK mengenai informasi hoax dan misinformasi.

Meskipun Wikipedia sudah menyebutkan akan menangani misinformasi dan hoax, bukan berarti Wikipedia bisa dijadikan kutipan untuk tulisan.

Bahkan Wikipedia sendiri pernah punya halaman yang semuanya berisi informasi palsu, tetapi bisa tidak terdeteksi selama 10 tahun! Jar'Edo Wens hoax - Wikipedia.

Siapa sangka dari 10 tahun itu kemungkinan ada seseorang yang menjadikannya sebuah referensi di penelitiannya bahkan mengetahui kebenarannya.

Jika kalian memang ingin mengambil sumber atau sekadar membaca artikel di Wikipedia, disarankan untuk meluhat referensi yang tertera disana kemudian cek kembali kebenarannya.

Lalu, jika tidak bisa dijadikan sumber, mengapa Wikipedia menjadi salah satu website paling eksis dan menjadi paling teratas setiap kali kita mencari sesuatu?

Wikipedia hanya menjadi bahan bacaan untuk mengawali dan memahami sesuatu tidak secara mendalam, maka dari itu sebaiknya disarankan mencari jurnal yang terverifikasi ataupun media populer. (*)

BACA JUGA:Tips Mendidik Generasi Stroberi Ala Merry Riana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: