Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 2024, Benarkan Amalan Bulan Ini Dilipatgandakan?

Doa Awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 2024, Benarkan Amalan Bulan Ini Dilipatgandakan?

Doa awal Tahun Baru Islam 1 Muharram 144 H--freepik

INFORADAR.IDTahun Baru Islam 1 Muharram 2024 jatuh pada 7 Juli 2024. Bulan pertama dalam kelander Islam memiliki keutamaan dan makna penting bagi umat Muslim.

Muharram adalah salah satu dari empat bulan haram dalam Islam yang artinya bulan yang dimuliakan dan dihormati. 4 bulan itu diantanya, Muharram, Dzulqadah, Dzulhijjah dan Rajab sebagaimana dalam firman Allah di surat At-Taubah ayat 36 yang artinya:

"Sesungguhnya bilangan bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah pada waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram."

Menyambut bulan pertama dalam kalender Islam biasanya umat Muslim membaca doa awal tahun Baru Islam. Berikut ini adalah keutamaan dan doa awal tahun.

BACA JUGA:Apakah 1 Muharram dan 1 Suro Sama? Asal Usul Penentuan Satu Suro dan Muharram

BACA JUGA:Dzikir dan Amalan Muharram 2024 Serta Keistimewaannya

Keutamaan Bulan Muharram

Pembuka Tahun Baru Hijriyah: Muharram menandai awal Tahun Baru menurut kalender Islam.

Puasa Asyura: Puasa Muharram tanggal 10, yang dikenal sebagai puasa asyura, yang memiliki keutamaan menghapus dosa-dosa yang dilakukan dalam 1 tahun terakhir.

Bulan Suci: Muharram merupakan salah satu bulan suci, artinya bulan ini dihormati, setiap ibadah yang dilakukan akan dilipatgandakan dengan pahala.

Hal ini sesuai yang dijelaskan dalam Kitab Tafsir Ibnu Katsir, yang isinya seperti ini:

Artinya: "Allah SWT mengkhususkan empat bulan haram dari 12 bulan yang ada, bahkan menjadikannya mulia dan istimewa, juga melipatgandakan perbuatan dosa disamping melipatgandakan perbuatan baik."

BACA JUGA:Rekomendasi Raket Badminton Merek Yonex Terbaik

BACA JUGA:Libur Sekolah Tiba, Ini 4 Tempat Camping di Bandung Paling Sejuk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: