Kalau Tidak Puasa Tasua Apakah Boleh Puasa Asyura? Simak Penjelasan dan Jawabannya di Sini

Kalau Tidak Puasa Tasua Apakah Boleh Puasa Asyura? Simak Penjelasan dan Jawabannya di Sini

Ilustrasi Hukum Puasa Asyura Tanpa Puasa Tasua--unsplash/ ahd93y

INFORADAR.ID – Apakah boleh puasa Asyura tanpa berpuasa Tasua? Pertanyaan ini sering muncul di kalangan umat Islam, khususnya menjelang datangnya bulan Muharram. 

Puasa Tasua jatuh pada tanggal 9 Muharram, sementara puasa Asyura pada tanggal 10 Muharram. Kedua puasa ini memiliki nilai-nilai keagamaan yang penting dalam Islam, namun ada perbedaan pendapat di antara ulama mengenai kewajiban berpuasa Tasua sebelum berpuasa Asyura.

Bagi yang tidak sempat berpuasa Tasua, apakah masih boleh puasa Asyura tanpa berpuasa tasua? Ini menjadi perdebatan dalam pandangan fiqih yang dibahas oleh ulama-ulama Islam.

BACA JUGA:Puasa 1 Muharram 2024 Jatuh pada Tanggal Berapa? Yuk Catat Tanggal dan Amalan Puasanya

BACA JUGA:Mengenal Perbedaan Jin Qorin dan Khodam, Apa yang Membedakan Keduanya?BACA JUGA:Mengenal Perbedaan Jin Qorin dan Khodam, Apa yang Membedakan Keduanya?

Dilansir dari Instagram @ypmsepanjang, berikut ini penjelasan lengkap bagaimana sejarah, fadhilah, bacaan niat, serta hokum puasa asyura tanpa dibarengi puasa Tasu’a. 

Sejarah Puasa Tasua dan Asyura

Dari sahabat Abdullah bin Abbas RA beliau berkata, “Tatkala Rasulullah SAW datang ke kota Madinah. Beliau mendapati kaum Yahudi sedang berpuasa di hari asyura, lantas beliau bertanya kepada mereka, ‘Hari apa yang kalian berpuasa pada hari ini?’.

Mereka menjawab, ‘Hari ini adalah hari yang agung. Allah menyelamatkan Nabi Musa as dan kaumnya pada hari ini dan menenggelamkan Fir’aun beserta pasukannya. Maka Nabi Musa as puasa pada hari ini sebagai rasa syukur dan kami turut berpuasa’.

Maka Rasulullah SAW bersabda, ‘Maka kami dengan Nabi Musa as lebih berhak dan lebih utama daripada kalian,’ (HR. Bukhari Muslim).

Tidak hanya puasa Asyura yang dianjurkan. Puasa Tasu’a (hari kesembilan bulan Muharram) dan hari ke sebelas pun juga diperintahkan Rasulullah SAW untuk berpuasa juga, hal ini untuk membedakan ritual ibadah orang Islam dan orang Yahudi.

BACA JUGA:Kenapa di Hari Tasyrik Bulan Dzulhijjah Dilarang Berpuasa? Simak Jawaban dan Penjelasannya di Sini

BACA JUGA:Apa Arti dari Bubur Suro? Yuk Ketahui Makna dan Filosofi dari Menu Khas Tahun Baru Islam

Fadhilah Puasa Tasua dan Asyura

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: