6 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi Agar Terhindar dari Kejahatan Digital

6 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi Agar Terhindar dari Kejahatan Digital

Potret cara mengamankan data pribadi.-@freepik-

3. Gunakan Wi-Fi Gratis dengan Hati-Hati

Sedikit belanja online tidak akan merugikan siapa pun atau apakah dia melakukannya? Sebagian besar jaringan Wi-Fi gratis publik berarti bahwa orang lain yang menggunakan jaringan yang sama dan dapat dengan mudah mengakses aktivitas kamu.

Dengan begitu, pada titik ini juga kamu harus menunggu hingga kamu berada di rumah atau di jaringan yang aman dan dilindungi kata sandi sebelum membuka kartu kredit.

BACA JUGA:Jaga Data Pribadimu Agar Bebas dari Penipu, Simak Ini Caranya

BACA JUGA:Ramai Video Vilmei Dengan Rumsyah Baduy, Apa Bedanya Orang Baduy Luar dan Baduy Dalam

4. Berhati-Hati dengan Link yang Beredar

Penjahat dunia maya itu lebih keji dan sering membuat penipuan phishing agar terlihat seperti komunikasi yang sah dari bank, perusahaan utilitas, atau perusahaan lain. 

Beberapa hal, seperti ejaan yang salah atau alamat email yang berbeda dari pengirim umum, dapat menjadi petunjuk bahwa email tersebut adalah spam.

5. Periksa Apakah Situs Tersebut Aman

Lihat bagian atas browser kamu sebelum memasukkan informasi pribadi kamu di situs web. Jika kamu memiliki simbol kunci dan URL dimulai dengan "https", ini berarti situs tersebut aman. 

Ada cara lain untuk menentukan apakah suatu situs dapat dipercaya, termasuk kebijakan privasi situs web, informasi kontak, dan segel "terverifikasi dan aman".

6. Pertimbangkan Perlindungan Tambahan

Instal perangkat lunak antivirus, perangkat lunak anti-spyware, dan firewall. Untuk perlindungan tambahan, kamu mungkin ingin mempertimbangkan asuransi dunia maya, yang dapat membuat kamu dan keluarga tetap aman jika terjadi serangan dunia maya.

Itulah merupakan beberapa langkah yang bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadi kamu agar terjaga dengan baik dan lebih terlindungi dengan aman.(*)

BACA JUGA:Bahaya Kejahatan Phising, Data Pribadimu Bisa Disalahgunakan, Simak Tips Menghindarinya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: