Lindungi Data Pribadimu dari Cybercrime yang Marak Terjadi, Begini Caranya

Lindungi Data Pribadimu dari Cybercrime yang Marak Terjadi, Begini Caranya

Ilustrasi cybercrime yang dapat dicegah.-freepik/pikisuperstar-

INFORADAR.ID – Perhatikan berikut merupakan cara agar kamu bisa melindungi data pribadi kamu dari kejahatan digital, cybercrime yang marak terjadi.

Cybercrime adalah kejahatan yang dilakukan dengan menggunakan teknologi komputer atau jaringan komputer.

Istilah ini mencakup berbagai kegiatan kriminal, termasuk komputer, sistem komputer atau jaringan komputer, sebagai alat, target atau lokasi kejahatan itu sendiri. 

Contoh kejahatan dunia maya termasuk Dekripsi, pencurian identitas online, penipuan menggunakan internet, dan penyebaran malware. 

Hal ini menjadi semakin penting karena perkembangan teknologi digital yang memperluas potensi kejahatan ini secara global.

BACA JUGA:Tips Perbaiki Masalah Tidak Ada Koneksi Internet di TikTok Terbaru

BACA JUGA:Kampus dengan Jurusan Kuliah Perhotelan dan Pariwisata Terbaik untuk Membuka Jalan Karir Gemilang

Dengan begitu, kamu perlu melindungi data pribadi kamu agar tidak mengalami cybercrime yang dilansir dari doskominfo.sukaharjpkab.go.id, antara lain:

1. Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Unik

Buat kata sandi yang tidak mudah ditebak dan tidak menggunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun. Gunakan kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol untuk meningkatkan keamanan kata sandi.

2. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor (Two Factor Authentication)

Aktifkan autentikasi dua faktor jika memungkinkan. Untuk mengakses akun kamu, kamu akan memerlukan kode tambahan yang dikirim ke perangkat lain dan memberikan perlindungan tambahan.

3. Jangan Mengklik Tautan yang Tidak Dikenal

Kamu tidak ingin mengeklik tautan yang menjanjikan sesuatu, terutama jika tautan tersebut berasal dari sumber yang tidak dikenal. Tautan semacam itu dapat mengarah ke situs phishing yang mencoba mencuri informasi pribadi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: