6 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi Agar Terhindar dari Kejahatan Digital

6 Cara Efektif Melindungi Data Pribadi Agar Terhindar dari Kejahatan Digital

Potret cara mengamankan data pribadi.-@freepik-

INFORADAR.ID – Perhatikan berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melindungi data pribadi kamus ecara online.

Keamanan data pribadi sangat penting karena mengandung informasi sensitif yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi seseorang secara pribadi.

Memastikan keamanan data pribadi merupakan tanggung jawab penting organisasi dan individu untuk melindungi privasi mereka, mencegah penyalahgunaan, dan pencurian identitas. 

Dengan melindungi data pribadi ini, kita dapat meminimalkan risiko terhadap data pribadi kita yang tentunya sangat penting dan berharga.

Menjelajahi berita selama berhari-hari tanpa mendengar tentang pelanggaran data yang serius dapat mengekspos data pribadi jutaan pelanggan kepada penjahat. 

BACA JUGA:Lindungi Data Pribadimu dari Cybercrime yang Marak Terjadi, Begini Caranya

BACA JUGA:Gak Cuma Tidur atau Rebahan, Istirahat Juga Ada Beberapa Jenis Loh, Kamu Harus Tahu

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kamu mencegah informasi pribadi kamu jatuh ke tangan yang salah.

1. Buat Kata Sandi yang Kuat

Saat membuat kata sandi, pikirkan melampaui kata-kata dan angka yang mudah dipahami oleh penjahat dunia maya, seperti ulang tahun. 

Pilih kombinasi huruf kecil dan besar, angka, dan simbol, lalu ubah secara berkala. Kamu juga disarankan untuk membuat kata sandi unik dari pada menggunakan kata sandi yang sama di beberapa situs. Dengan adanya alat pengelola kata sandi dapat membantu kamu melacak kata sandi.

2. Jangan Terlalu Banyak Berbagi di Media Sosial

Kita semua memiliki teman yang memposting terlalu banyak detail intim tentang kehidupan mereka secara online. Ini tidak hanya mengganggu, tetapi juga dapat membahayakan informasi pribadi kamu.

Periksa pengaturan privasi kamu untuk mengetahui siapa yang memantau kiriman kamu, dan berhati-hatilah saat mengirimkan lokasi, kota asal, tanggal lahir, atau informasi pribadi lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: