Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat: Makanan Satu Ini Sering Muncul di Hari Idul Adha

Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari Penderita Asam Urat: Makanan Satu Ini Sering Muncul di Hari Idul Adha

Makanan dan minuman yang harus dihindari penderita Asam Urat-Pixabay.com-u_if8o5n0ioo

BACA JUGA:Tempat Wisata di Serang Ini Cocok Banget Dijadikan Rekomendasi Liburan Idul Adha: Cek Lokasi dan Harga Tiket!

Penurunan berat badan dianjurkan bagi penderita asam urat yang kelebihan berat badan atau obesitas, meskipun serangan asam urat jarang terjadi atau tidak ada sama sekali

Oleh karena itu, berikut ini makanan yang harus dihindari oleh penderita asam urat:

1. Daging dan makanan laut tertentu

Tidak semua sumber purin sama dalam menangani asam urat, dan penelitian menunjukkan bahwa purin tertentu dapat memperburuk asam urat. Namun tidak semua daging dan makanan laut dilarang, ada yang gejala asam uratnya lebih buruk dibandingkan yang lain.

Dr Siaton merekomendasikan penderita asam urat untuk menghindari daging merah seperti daging domba, sapi, dan babi. Daging organ dan kelenjar seperti hati, babat, dan roti manis juga memiliki kandungan purin yang tinggi.

Sedangkan untuk makanan laut, ikan trout, haddock, codfish, teri, sarden, herring, remis, dan scallop adalah pilihan dengan kandungan purin tinggi yang harus dihindari.

2. Minuman manis

Selain makanan yang harus dihindari penderita asam urat, ada juga minuman yang harus dihindari atau dibatasi. Dalam beberapa menit setelah meminum ramuan manis ini, tubuh melepaskan purin, yang menghasilkan asam urat. Minuman manis dikaitkan dengan obesitas, yang juga dikaitkan dengan asam urat.

3. Alkohol

Faktanya adalah anggur, minuman keras, dan bir, bahkan dalam jumlah sedang, meningkatkan risiko serangan asam urat berulang.

4. Sup, kaldu, dan kuah daging

Sup berbahan dasar daging, kaldu, dan kuah daging bisa menjadi pukulan ganda bagi penderita asam urat, itu karena kandungan natrium dan purinnya yang tinggi. Tapi, makanan ini tidak sepenuhnya dilarang karena sebagai gantinya, kamu bisa tukar sup dan kaldu yang banyak mengandung daging dengan pilihan yang banyak mengandung sayuran.

Itulah beberapa daftar makanan yang harus dihindari penderita asam urat yang harus kamu tahu. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: