Mendekati Ujian Sekolah ? Berikut Tips Belajar Buat yang Suka Bergadang

Mendekati Ujian Sekolah ? Berikut Tips Belajar Buat yang Suka Bergadang

Tips dan trik belajar bergadang ketika menjelang ujian--www.Freepik/author / freepik

INFORADAR.ID - Setiap menjelang ujian sekolah, bergadang menjadi hal yang sering dilakukan oleh banyak pelajar dan mahasiswa. 

Jika mendekati ujian sekolah ditambah dengan tugas yang numpuk serta mepet deadline, jadi bergadang untuk belajar memang jadi jalan satu-satunya untuk mendapat nilai bagus.

Tentunya, belajar secara rutin, waktu yang cukup untuk otakmu menerima segala materi pembelajaran dengan baik, walaupun bergadang kamu harus tetap menjaga kesehatanmu.

Berikut tips belajar bergadang di tengah malam, diantaranya yaitu : 

1. Memilih tempat belajar cahaya yang terang

Ruangan dengan pencahayaan redup dapat membuat rasa kantuk dan lelah, karena itu, pastikan lampu ruangan menyala dengan terang supaya konsentrasimu tetap terjaga dan kuat begadang.

2. Siapkan snack dan minum air putih

Ngemil adalah cara agar kamu tidak ngantuk saat begadang, karena asupan makanan menambah energi di tubuhmu, pilihlah snack yang kamu sukai untuk menemanimu belajar.

3. Beri waktu jeda

Ketika selesai belajar satu materi atau berhasil mengerjakan soal, usahakan untuk selalu mengambil jeda selama 10 menit untuk melanjutkan ke materi selanjutnya.

4. Aktif bergerak atau olahraga ringan

Cobalah jalan-jalan ke dapur sekalian ambil camilan atau minuman, sehingga kamu tidak bosan dan mrngantuk dengan posisi belajarmu, kamu bisa melakukan olahraga ringan seperti sit up, atau menyanyi sambil mendengar lagu kesukaanmu.

5. Buat "tabungan tidur" sebelum begadang

Kamu harus tahu ! Gimanapun juga, tidur adalah kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi, mulailah coba cicil waktu tidurmu sebelum bergadang, istilahnya buat tabungan tidur, misalnya, kalau bisa cicil tidur di waktu senggangmu sekitar 15 menit.

Tips dan trik belajar di waktu bergadang dari penjelasan diatas, semoga bermanfaat untuk kamu yang sedang menjalani ujian dan ingin mendapatkan nilai terbaik, semangatlah! (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: