Bolehkah Minum Jamu Setiap Hari? Yuk Simak Penjelasannya di Sini

Bolehkah Minum Jamu Setiap Hari? Yuk Simak Penjelasannya di Sini

Potret penjual jamu--

Apabila menggunakan jamu yang dijual dalam bentuk kemasan, lebih baik carilah jamu yang sudah teruji oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Dengan demikian, manfaat jamu sesungguhnya dapat terasa di tubuh Anda.

“Segala apapun jika berlebihan akan berakhir kurang baik begitu juga dengan mengkonsumsi jamu jika berlebihan juga akan berbahaya bagi tubuh,” katanya.

Adapun bila ingin menggunakan jamu untuk pengobatan penyakit tertentu, ada baiknya Anda konsultasikan langsung pada dokter agar menggunakan jamu dengan jenis dan dosis yang tepat. Perlu diingat bahwa untuk kondisi kesehatan tertentu, jamu tidak dapat menggantikan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.

“Agar aman untuk dikonsumsi setiap hari, ada baiknya mencari jamu yang tidak mengandung beragam zat kimia, pengawet, dan terbukti higienis. Bahkan, bila perlu, buatlah jamu itu sendiri,” pungkas dr. Inggid.

Berikut ini efek mping minum jamu berlebihan:

BACA JUGA:Jamu Indonesia Jadi Warisan Budaya Tak Benda UNESCO, Ini Dia Sejarah Jamu di Indonesia

BACA JUGA:Presiden Joko Widodo Minta Kementrian dan Pemerintah Berhenti Buat Aplikasi Baru, Ini Alasannya

1. Efek jangka pendek

Misalnya jika dikonsumsi melebihi dosis yang seharusnya, efek jangka pendek yang akan ditimbulkan dari minum jamu berlebihan adalah gangguan pencernaan seperti diare dan muntah.

2. Efek jangka menengah

Efek jangka menengah yang akan ditimbulkan dari minum jamu berlebihan adalah gangguan fungsi liver, karena ketika jamu atau bahan herbal masuk ke dalam pencernaan, maka akan terjadi proses metabolisme di liver.

3. Efek jangka panjang

Efek jangka panjang, bisa menyebabkan gangguan fungsi ginjal. Pengeluaran sisa-sisa metabolisme jamu tadi kan akan lewat urine. Ginjal yang harus bekerja keras, maka akan terganggu fungsinya jika dikonsumsi melebihi dosis. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: