Tips Efektif untuk Mahasiswa: 4 Cara Bangkit dari Rasa Malas dan Tetap Produktif

Tips Efektif untuk Mahasiswa: 4 Cara Bangkit dari Rasa Malas dan Tetap Produktif

Tips ampuh membagun kebiasaan membaca buku bagi mahasiswa-Andrea Piacquadio-Pexels.com

INFORADAR.ID – Terkadang, sebagai mahasiswa, kita merasa malas atau kehilangan semangat untuk belajar. Bagi mahasiswa, menghadapi rasa malas adalah tantangan yang seringkali muncul dalam perjalanan. 

Namun, tidak perlu khawatir karena ada beberapa tips efektif yang dapat membantu mahasiswa untuk bangkit dari rasa malas dan tetap produktif.

Sebagai mahasiswa, cobalah untuk membagi waktu belajar menjadi sesi-sesi yang lebih kecil dan teratur. Misalnya, belajar selama 25 menit, lalu istirahat selama 5-10 menit. Dengan cara ini, kita bisa tetap fokus dan tidak terlalu terbebani.

Selain itu, bagi mahasiswa penting juga untuk menetapkan tujuan yang jelas dalam belajar. 

BACA JUGA:Rahasia Kesuksesan Mahasiswa: 5 Skill Ini Wajib Dipelajari di Usia 20-an

Misalnya, tentukan target untuk menyelesaikan bab atau materi tertentu dalam waktu tertentu. Dengan memiliki tujuan yang jelas, kita akan lebih termotivasi untuk belajar dengan tekun.

Jangan lupa untuk mencari sumber inspirasi dan motivasi dari lingkungan sekitar atau dari cerita-cerita orang-orang yang telah sukses. 

Kadang-kadang, mendengar cerita inspiratif dari orang lain bisa membuat kita termotivasi untuk bangkit dari rasa malas dan terus berusaha.

Selain itu, penting juga untuk menjaga keseimbangan antara belajar dan beristirahat. Jangan terlalu memaksakan diri untuk belajar terus-menerus tanpa istirahat, karena hal itu bisa membuat kita cepat lelah dan kehilangan semangat. 

BACA JUGA:Langkah Rahasia Mahasiswa: 3 Website Ini Akan Meningkatkan Produktivitasmu dalam Mengerjakan Tugas

Sisihkan waktu untuk beristirahat, melakukan hobi, atau bersosialisasi dengan teman-teman sebagai refreshing dari aktivitas belajar.

Ingatlah bahwa rasa malas adalah hal yang wajar terjadi pada siapapun, termasuk mahasiswa. Yang penting adalah bagaimana kita mengatasi rasa malas tersebut dan tetap konsisten dalam belajar. Dengan tekad dan usaha yang kuat, kita pasti bisa bangkit dari rasa malas dan mencapai kesuksesan dalam studi kita.

Dilansir dari Instagram @anakkuliah, inilah 4 hal yang harus kamu lakukan ketika ingin bangkit dari rasa malas.

1. Make your bed

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: