Serba-serbi Perayaan Hari Buruh Internasional di Berbagai Negara

Serba-serbi Perayaan Hari Buruh Internasional di Berbagai Negara

Poster Hari Buruh-Instagram Untirta_official-

INFORADAR.ID - Hari buruh internasional atau biasa dikenal dengan sebutan May Day diperingati setiap tanggal 1 Mei, dan menjadi hari libur nasional di berbagai belahan negara.

Hari buruh internasional diperingati sebagai momen untuk mengenang perjuangan para buruh dalam mencapai hak-hak pekerjaan mereka yang notabenenya tidak sesuai dengan apa yang mereka harapkan.

Di Indonesia sendiri, hari buruh internasional biasanya diperingati dengan melakukan aksi-aksi demo demi menuntut hak yang belum mereka dapatkan.

Lain dengan di Indonesia, inilah berbagai perayaan memperingati hari buruh internasional di berbagai belahan negara di dunia.

1.     Hawai

Di Hawai, masyarakatnya memperingati hari buruh internasional dengan mengadakan sebuah festival. Festival hari buruh internasional ini biasa mereka sebut dengan lei day.

Pada momen ini, sebagai bentuk semangat Aloha, hampir seluruh masyarakat di Hawai mengenakan kalung tradisional dari bunga lei. Tiap-tiap pulau di Hawai menghias kalung bunga lei dengan hiasan-hiasan yang unik sambil melakukan pesta bersama sanak saudara.

2.     Finlandia

Negara nomor satu paling bahagia di dunia yaitu Finlandia, di negara Finlandia cara masyarakatnya memperingati hari buruh internasional yaitu dengan melakukan piknik bersama keluarga sambil menikmati kue khas Finlandia.

Selain itu, biasanya masyarakat Finlandia pada malam sebelum tanggal 1 Mei mereka melakukan vappu atau menikmati makan malam bersama keluarga sambil meminum minuman khusus rendah alkohol yaitu sima.

3.     Inggris

Di inggris, masyarakatnya memperingati hari buruh dengan cara menari. Biasanya masyarakat setempat melakukan tarian maypole, tarian yang dilakukan pada tiang yang terbuat dari pohon muda serta sudah dihiasi dengan pita warna-warni.

4.     Rusia

Di Rusia, tanggal 1 Mei merupakan tanggal penting pertanda bergantinya musim. Perayaan hari buruh internasional nasional di Rusia hampir sama dengan di Indonesia, yaitu dengan melakukan demonstrasi atau pawai melawan sistem pemerintahan yang kapitalis.

5.     Bulgaria

Di Bulgaria perayaan hari buruh internasionalnya sangat unik, pada hari libur tersebut mereka lakukan dengan menyalakan api unggun untuk membasmi ular.

Hal ini bermula dari legenda setempat yang mengatakan bahwasanya pada tanggal 25 Maret ular-ular akan keluar dari sarangnya dan puncaknya pada tanggal 1 Mei raja dan ratu ular akan keluar dari sarang.

Maka dari itu siapa saja yang berladang pada tanggal 1 Mei berisiko besar akan terkena gigitan ular. Sehingga demi menghindari gigitan ular di Bulgaria tiap tanggal 1 Mei diperingati sebagai hari libur nasional.

Itulah dia serba-serbi hari buruh yang diperingati di berbagai negara. (*)

 

Penulis : Ihksannudin (GenRB)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: