Kemacetan Panjang Menuju Pelabuhan Merak Hingga KM 90 Tol Cilegon-Merak

Kemacetan Panjang Menuju Pelabuhan Merak Hingga KM 90 Tol Cilegon-Merak

Jalan Tol menuju Merak macet. -Astra Infra Tol Tangerang-Merak-

INFORADAR.ID – Kemacetan parah terjadi di Jalan Tol Cilegon-Merak menuju Pelabuhan Merak, ekor kemacetan sampai di KM 90.

Pantauan di Pintu Tol Cilegon Timur, Sabtu 6 April 2024, antrian kendaraan roda empat mengular dari Pelabuhan Merak hingga Pintu Tol Cilegon Timur, tepatnya di KM 90.

Kepadatan kendaraan ini sesuai dengan prediksi puncak arus mudik Lebaran 2024 dari Pulau Jawa ke Suamtera, yakni hari ini 6 April 2024.

Kepala Departemen Manajemen CSR dan Humas Astra Tol Tangerang-Merak Uswatun Hasanah menerangkan, kemacetan di jalan tol itu akibat padatnya antrean di Pelabuhan Merak.

Salah satu solusi yang dilakukan adalah melakukan delaying system di Rest Area 68 A. “Padat. Kami berlakukan buka tutup jalur,” ujar Uswatun yang dikutip dari RADARBANTEN.CO.ID, Sabtu, 6 April 2024.

Selain buka tutup jalur, ia mengaku, pihaknya juga menerapkan pengalihan arus. Kendaraan besar seperti truk harus keluar di Cilegon Timur.

BACA JUGA:H-6 Lebaran Idul Fitri, Sudah 75 Ribu Orang Menyebrang dari Pulau Jawa ke Sumatera

“Demi kelancaran dan menghindari kepadatan arus lalu lintas menuju Pelabuhan Merak, kami imbau untuk dapat singgah di Buffer Zone atau  Rest Area KM 43 dan Rest Area KM 68,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Uswatun juga menginformasikan bahwa dilakukan pembatasan kendaraan barang mulai tanggal 5 sampai 9 April 2024 untuk kendaraan  sumbu 3 atau lebih, kendaraan galian dan tambang, dan kendaraan dengan gandengan atau kereta tempelan.

Selain itu, sejak kemarin yakni 5 April 2024 mulai pukul 16.30 dilakukan kanalisasi kendaraan truk sedang dan besar yang menuju Sumatra keluar Gerbang Tol Cilegon Timur untuk diarahkan ke Pelabuhan Ciwandan/BBJ oleh Kepolisian Polda Banten.

Kata dia, Astra Tol Tangerang-Merak mengimbau kepada pengguna jalan yang akan menyeberang ke Sumatera dapat membeli tiket ferry di aplikasi atau website ferizy. Selain itu, pihaknya juga berharap para pengguna jalan tol untuk memastikan saldo uang elektronik mencukupi untuk transaksi di gerbang tol.

“Informasi tarif dan bukti transaksi di Tol Tangerang-Merak dapat dilihat di website astratol.co.id,” ungkapnya. (*)

BACA JUGA:Dishub Pandeglang Sidak Tarif Angkutan Mudik Lebaran 2024

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: