Stress Karena Tugas yang Menumpuk Akibat Tugas Kuliah dan Pekerjaan? Begini Cara Mengatasinya

Stress Karena Tugas yang Menumpuk Akibat Tugas Kuliah dan Pekerjaan? Begini Cara Mengatasinya

Potret orang yang sedang mengalami stres dalam pekerjaa.-freepik/@creativeart-

INFORADAR.ID - Buat kalian yang merasa stres karena kuliah dan pekerjaan sekaligus, wajib bagi kamu mengingat beberapa hal berikut ini.

Stress akan dirasakan bagi siapa saja, di mana banyak penyebab yang mempengaruhi akan hal itu, seperti halnya karena tugas dari pekerjaan dan juga kuliah. 

Tress yang dapat dipicu dengan banyak aspek, sehingga hal itu akan terasa sangat mudah dialami oleh siapa saja yang bisa jadi akibat terlalu capek akibat pekerjaan atau juga perkuliahan. 

Untuk mengatasi rasa stres dari tugas kuliah dan pekerjaan, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan beberapa hal ini:

1. Memisahkan antara Bekerja dan Belajar

Jangan berpikir tentang pekerjaan saat kamu tengah bekerja. Belajarlah satu hari pada satu waktu. Jangan membawa buku pelajaran ke tempat kerja dan selesaikan belajar di kampus. 

Gunakan waktu kamu dengan tepat. Jika kamu belajar dengan baik selama jam belajar, tidak perlu merasa bersalah karena fokus pada studi kamu selama perkuliahan.

BACA JUGA:Alami Stres? Segera Amalkan 3 Doa Ini Agar Tenang Jiwa dan Raga

2. Beristirahatlah Sesuai Kebutuhan

Beristirahatlah di waktu-waktu tertentu, seperti berjalan-jalan, membaca koran atau minum secangkir teh. Beristirahatlah sejenak setiap beberapa jam, luankan 5-10 menit untuk menghindari pemborosan waktu.

Jangan mengisi waktu luang kamu dengan kegiatan yang tidak perlu. Kebanyakan orang lebih suka menonton film berjam-jam, mengobrol dengan teman, atau membaca berita. 

Jika kamu merasa sulit untuk menjauh dari kegiatan tertentu yang mengganggu keseimbangan antara bekerja dan belajar, cobalah untuk menghindarinya sebisa mungkin. Cobalah untuk tidak terganggu oleh hal-hal seperti itu ketika kamu sedang beristirahat.

3. Menjaga Kebugaran

Biasakan meregangkan otot, berenang, berlari dan mengangkat beban. Gaya hidup sehat dapat membantu kamu mengatasi stres dan semakin sering kamu berolahraga, semakin mudah untuk bekerja dan belajar. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: