Siapa Bilang Puasa Tidak Baik Bagi Busui? Berikut Adalah Manfaat Puasa Bagi Busui

Siapa Bilang Puasa Tidak Baik Bagi Busui? Berikut Adalah Manfaat Puasa Bagi Busui

potret ibu menyusui--Freepik @Jcomp

INFORADAR.ID - Selain sebagai kewajiban yang harus ditunaikan, puasa membawa sejumlah manfaat kesehatan bagi mereka yang berpuasa, termasuk Busui (ibu menyusui).

Meski ada asupan makanan dan cairan yang tak terelakkan, ibu menyusui (Busui ) yang berpuasa dapat merasakan dampak positif tidak hanya secara fisik tetapi juga psikologis.

Meski asupan makanan dan minuman dibatasi selama berpuasa, bukan berarti manfaat puasa bagi ibu menyusui (Busui) menjadi nihil. Manfaatnya antara lain mengontrol kadar gula darah, meningkatkan kekebalan tubuh, dan mengurangi kecemasan.

Berikut ini beberapa manfaat yang dirasakan oleh ibu menyusui yang berpuasa:

1. Mengontrol kadar gula darah

Berpuasa membantu mengontrol kadar gula darah dan mengurangi risiko terkena diabetes. Tidak hanya itu, bagi Bunda yang mengidap diabetes tipe 2, berpuasa dapat menurunkan kadar glukosa dan insulin, mengurangi resistensi insulin, serta menurunkan kadar leptin (hormon nafsu makan). Hal ini karena selama berpuasa, asupan makanan dan minuman terkontrol, sehingga kalori yang masuk lebih stabil.

2. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Saat puasa mengubah pola makan, tubuh berusaha menghemat energi. Oleh karena itu, tubuh harus memulai proses pemeliharaan untuk memperbaiki ulang zat-zat sisa dan sel kekebalan tubuh.

Hal ini dianggap dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk mengatasi peradangan kronis dan mengurangi risiko penyakit yang ditularkan kepada bayi melalui ASI.

BACA JUGA: 6 Jenis Ikan yang Tidak Cocok untuk Ibu Menyusui, Menghindari Risiko Merkuri dan Kontaminan Lainnya

3. Mengurangi kecemasan

Puasa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan sel-sel otak baru di otak ibu dan mempertajam responnya terhadap lingkungan. Efek ini juga membuat otak lebih tahan terhadap stres dan lebih mudah beradaptasi dengan perubahan. Hal ini membantu ibu dengan masalah kesehatan mental pasca melahirkan untuk menyesuaikan diri dengan awal menjadi ibu.

4. Menyeimbangkan berat badan

Puasa juga membawa perubahan positif pada gaya hidup dan sistem pencernaan ibu. Ketika tubuh terbiasa makan lebih sedikit, sistem pencernaan mendapat kesempatan untuk beristirahat. Dampak positif ini juga bermanfaat bagi Bunda yang sedang berusaha mencapai berat badan ideal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: