Tradisi Mudik di Dunia Selain Indonesia, dari India Hingga Cina

Tradisi Mudik di Dunia Selain Indonesia, dari India Hingga Cina

Ilustrasi mudik gratis DKI Jakarta-Ahmad Taufik-vecteezy.com

3. Mesir 

Negara Mesir juga memiliki tradisi pulang kampung, namun bedanya pulang ke Mesir sedikit berbeda dengan pulang ke Indonesia. 

4. Malaysia 

Malaysia merupakan negara yang masih terhubung dengan Indonesia, sehingga memiliki banyak kesamaan tradisi dan budaya dengan Indonesia, termasuk tradisi mudik sebelum Lebaran atau Lebaran. Bedanya istilah yang mereka gunakan adalah balik kampung, yang biasanya mereka gunakan 1 minggu sebelum Hari Raya.

5. Arab Saudi 

Tradisi pulang kampung juga dilanjutkan oleh umat Islam di Arab Saudi menjelang hari raya Idul Fitri. Mengingat mayoritas penduduk negara tersebut adalah Muslim. Selain itu, orang Arab juga memiliki Ka'bah yang merupakan tempat ibadah tersuci bagi umat Islam. Tak heran setiap perayaan lebaran selalu seru.

6. Cina 

Populasi Muslim sebagian besar tinggal di Xinjiang dan Yunnan. Kedua kota tersebut selalu merayakan hari raya Idul Fitri dengan penuh semangat.

Tradisi mudik di Cina tidak hanya pada hari raya Idul Fitri. Jumlah maksimum orang yang mudik terjadi selama Tahun Baru Imlek. (*)

BACA JUGA:Aman dan Bikin Tenang, Ini 6 Tips Tinggalkan Rumah Saat Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: