Tradisi Mudik di Dunia Selain Indonesia, dari India Hingga Cina

Tradisi Mudik di Dunia Selain Indonesia, dari India Hingga Cina

Ilustrasi mudik gratis DKI Jakarta-Ahmad Taufik-vecteezy.com

INFORADAR.ID - Tradisi mudik sudah diwariskan dari generasi ke generasi dari masyarakat Indonesia.

Biasanya tradisi mudik ini tujuannya adalah untuk Bersantai, bertemu, dan tetap berhubungan dengan keluarga Anda di kota asal Anda.

Namun nyatanya tradisi mudik ini memiliki tradisi yang mirip dengan tradisi mudik Indonesia, tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara lain.

Dalam hal pengertian, "mudik" atau pulang kampung dan menjelang Idul Fitri akan menjadi suasana yang ditunggu-tunggu dan momen yang meriah.

BACA JUGA:Ikuti 5 Tips Mudik Pakai Sepeda Motor Agar Aman dan Nyaman

Seminggu sebelum hari raya Idul Fitri, lahirlah banyak pasar dan pertokoan yang menjual berbagai makanan dan minuman "khas" hari raya Idul Fitri.

Idul Fitri merupakan momen berziarah, sekaligus menjalin silaturahmi dengan keluarga dengan berkumpul dan makan bersama

Selain Indonesia, banyak negara yang memiliki tradisi mudik ini. Diantaranya adalah:

1. India 

Umat Islam India juga akrab dengan tradisi pulang kampung, bahkan fenomena pulang kampung lebih menarik dibandingkan di Indonesia, di mana umat Islam India berbondong-bondong ke tanah air sebelum perayaan Idul Fitri. Namun puncak masuknya besar-besaran ke India terjadi pada saat Festival cahaya atau Diwali. 

2. Turki 

Karena Turki merupakan salah satu negara berpenduduk mayoritas Muslim di dunia, maka hari Raya Idul Fitri dirayakan dengan penuh kekaguman. Idul Fitri biasanya disebut Seker Bayram.

Tujuan kembali ke Turki adalah untuk tetap berhubungan dengan keluarga dan kerabat lainnya serta untuk menunaikan ibadah Haji. Ziarah berlangsung dalam skala besar dan biasanya ditandai dengan adanya beberapa hari raya bunga di berbagai daerah. 

BACA JUGA:4 Tips Aman Naik Kereta Api Sendirian Saat Mudik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: