Ingin Melaksanakan Shalat Tahajud? Persiapkan Diri Kamu dengan Melakukan 4 Hal Ini

Ingin Melaksanakan Shalat Tahajud? Persiapkan Diri Kamu dengan Melakukan 4 Hal Ini

Ilustrasi orang yang sedang melaksanakan shalat tahajud.-@freepik-

BACA JUGA:Doa Sholat Tarawih (Kamilin) Lengkap dengan Tulisan Latin dan Terjemahannya

2. Bangun dan berwudhu 

Bangunlah di malam hari, kemudian berwudhu setelah bangun tidur. Wudhu adalah ritual di mana umat Islam menyucikan diri mereka sebelum melaksanakan shalat atau membaca Al-Quran. 

Secara harfiah, wudu ini berarti membasuh tubuh dengan air bersih dengan melakukan beberapa hal, seperti membasuh wajah, membasuh lengan dan tangan hingga siku, mengusap kepala serta membasuh kaki hingga mata kaki.

3. Pilih Tempat yang Bersih dan Tenang

Shalatlah di tempat yang bersih, tenang dan suci. Hal ini karena nama Allah itu suci dan, jika memungkinkan, umat Islam dianjurkan untuk berdoa di tempat yang bersih dan suci sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah. Duduklah di atas sajadah dan berdoa di menghadap kiblat.

Untuk lebih jelasnya, Tahajud tidak perlu dilakukan di tempat khusus seperti masjid atau di ruangan yang didekorasi dengan mewah di rumah seseorang. 

Adapun yang dibutuhkan adalah tempat yang bersih dan layak untuk mendapatkan kehormatan dari Allah. Hal ini dapat dilakukan bahkan di kamar sendiri.

BACA JUGA:Begini Doa Sholat Witir yang Dilakukan Setelah Sholat Tarawih yang Lengkap dengan Bacaan Wirid dan Dzikirnya

4. Kesampingkan Duniawi dari Pikiran

Waktu doa adalah waktu perenungan yang tenang dan konsentrasi pada kebesaran Tuhan. Ini bukanlah waktu untuk memikirkan masalah-masalah duniawi yang tidak berarti apa-apa di hadapan kasih karunia dan kemurahan Tuhan yang tak terbatas. 

Tenangkan pikiran kamu dan lupakan masalah duniawi, harapan dan ketakutan. Abaikan pikiran dan perasaan negatif dan mengganggu. 

Tutuplah mata kamu dan fokuslah pada suatu tempat di dalam hati kamu di mana kamu dapat mulai menjadi lebih sadar secara spiritual.

Itulah keempat langkah yang bisa kamu lakukan untuk mempersiapkan diri agar bisa melaksanakan shalat tahajud, sehingga kamu bisa lebih mendorong diri kamu untuk terus beribadah kepada Allah SWT.(*)

BACA JUGA:Siap Bertemu Jodoh? Ini Doa Terbaik Menjemput Jodoh Jalur Langit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: