Begini Doa Sholat Witir yang Dilakukan Setelah Sholat Tarawih yang Lengkap dengan Bacaan Wirid dan Dzikirnya

Begini Doa Sholat Witir yang Dilakukan Setelah Sholat Tarawih yang Lengkap dengan Bacaan Wirid dan Dzikirnya

potret orang yang sedang berdoa.-unsplash/@masjidmpd-

INFORADAR.ID – Perhatikan, berikut merupakan doa setelah Sholat Witir yang biasa dilakukan setelah Sholat Tarawih berikut dzikir yang bisa dibacanya.

Sholat Witir merupakan sholat yang biasanya dilakukan setelah Sholat Tarawih di bulan suci Ramadan atau jika di hari-hari biasa dilakukan sebelum tidur atau setelahnya sebagai penutup hari.

Sholat Witir in menjadi sholat sunnah dengan jumlah rakatnya yang ganjil sesuai dengan namanya witir yang memiliki arti ganjil.

Jumlah rakaat Sholat Witir ini bisa dilakukan minimalnya sebanyak satu rakaat dan maksimalnya bisa dilakukan semampunya hingga sebelas rakaat dan bahkan lebih. 

Pada bulan Ramadan, umat muslim biasanya melakukan Sholat Tarawih sebanyak 3 rakaat dengan jumlah rakaat Sholat Tarawih sebanyak 20 rakaat. 

BACA JUGA:7 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

Adapun urutan dzikir hingga doa yang bisa kamu baca setelah Sholat Witir, sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ أَسْتَغْفِرُ اللهَ أَسْأَلُك رِضَاك وَالْجَنَّةَ وَأَعُوذُ بِك مِنْ سَخَطِك وَالنَّارِ(3x) 

• سُبْحَانَ الْمَلِكِ الْقُدُّوسِ(3x) 

• سُبُّوْحٌ قُدُّوْسٌ رَبُّنَا وَرَبُّ المَلَائِكَةِ وَالرُّوْحِ اللَّهُمَّ إنَّك عَفْوٌ كَرِيمٌ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي(3x) 

• يَا كَرِيْمُ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ 

• اللَّهُمَّ إنِّي أَعُوذُ بِرِضَاك مِنْ سَخَطِك وَبِمُعَافَاتِك مِنْ عُقُوبَتِك وَأَعُوذُ بِك مِنْك لَا أُحْصِي ثَنَاءً عَلَيْك أَنْتَ كَمَا أَثْنَيْت عَلَى نَفْسِك

• Memabaca doa setelah sholat seperti biasanya 

• Doa Sholat Witir:

أَللَّهُمَّ إِنَّا نَسْاَلُكَ إِيْمَانًا دَاِئمًا وَنَسْأَلُكَ قَلْبًا خَاشِعًا وَنَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَنَسْأَلُكَ يَقِيْنًا صَادِقًا وَنَسْأَلُكَ عَمَلًا صَالِحًا وَنَسْأَلُكَ دِيْنًا قَيِّمًا وَنَسْأَلُكَ خَيْرًا كَثِيْرًا وَنَسْأَلُكَ الْعَفْوَ وَالْعَافِيَةَ وَنَسْأَلُكَ تَمَامَ الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الشُّكْرَ عَلَى الْعَافِيَةِ وَنَسْأَلُكَ الْغِنَى عَنِ النَّاسِ أَللَّهُمَّ رَبَّنَا تَقَبَّلْ مِنَّا صَلَاتَنَا وَصِيَامَنَا وَقِيَامَنَا وَتَخَشُعَنَا وَتَضَرُّعَنَا وَتَعَبُّدَنَا وَتَمِّمْ تَقْصِيْرَنَا يَا أَللهُ يَاأَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ وَصَلَّى اللهُ عَلَى خَيْرِ خَلْقِهِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ وَالْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ 

Artinya: "Ya Allah, kami mohon pada-Mu, iman yang langgeng, hati yang khusyu, ilmu yang bermanfaat, keyakinan yang benar,amal yang saleh, agama yang lurus, kebaikan yang banyak.kami mohon kepada-Mu ampunan dan kesehatan, kesehatan yang sempurna, kami mohon kepada-Mu bersyukur atas karunia kesehatan, kami mohon kepada-Mu kecukupan terhadap sesama manusia. Ya Allah, tuhan kami terimalah dari kami: shalat, puasa, ibadah, kekhusyu'an, rendah diri dan ibadah kami, dan sempurnakanlah segala kekurangan kami. Ya allah, Tuhan yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih. Dan semoga kesejahteraan dilimpahkan kepada makhluk-Nya yang terbaik, Nabi Muhammad SAW, demikian pula keluarga dan para sahabatnya secara keseluruhan. Serta segala puji milik Allah Tuhan semestra alam.”

• Membaca surat Al-Fatihah

• Membaca niat puasa Ramadan

Nah, itulah urutan yang bisa kamu lakukan setelah melakukan Sholat Witir, mulai dari pembacaan wirid dan dzikir hingga doa bacaat Sholat Witir selama bulan Ramadan.(*)

BACA JUGA:5 Doa Penting yang Wajib Diamalkan Saat Bulan Ramadan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: