Ingin Melaksanakan Shalat Tahajud? Persiapkan Diri Kamu dengan Melakukan 4 Hal Ini

Ingin Melaksanakan Shalat Tahajud? Persiapkan Diri Kamu dengan Melakukan 4 Hal Ini

Ilustrasi orang yang sedang melaksanakan shalat tahajud.-@freepik-

INFORADAR.ID – Tahajud adalah salat khusus dalam Islam yang dianjurkan tetapi tidak wajib untuk semua muslim. 

Tahajud biasanya bisa dilakukan setelah salat Isya dan sebelum salat Subuh. Ini berarti orang yang melakukan salat tahajud harus bangun dari tidurnya terlebih dahulu, dalam artian harus tidur telebih dahulu.

Jika memungkinkan, yang paling penting adalah melakukan salat tahajud dari tengah malam hingga Subuh, terutama pada sepertiga malam terakhir.

Tahajud tidak wajib dilakukan, tetapi banyak muslim yang taat mencoba menjadikannya bagian dari rutinitas harian mereka sebagai tanda ketaatan dan kesempatan untuk mendapatkan keselamatan dan pengampunan dari Allah.

Adapun jika kamu ingin melaksanakan shalata tahajud, kamu bisa melakukan beberapa persiapan, seperti berikut ini:

BACA JUGA:5 Doa yang Penting Diamalkan di Bulan Ramadan

1. Berusaha Bangun di Tengah Malam

Tahajud adalah salat yang biasanya dilakukan setelah tidur selama beberapa jam bukan hanya setelah larut malam. 

Setelah salat Isya dan bersiap-siap untuk tidur, rencanakan untuk bangun malam sebelum salat Subuh misalnya, memasang alarm atau meminta orang lain untuk membangunkan. 

Tahajud dapat dilakukan kapan saja di malam hari, tetapi yang terbaik adalah melakukannya di tengah malam jika memungkinkan, terutama di sepertiga malam terakhir. 

Hal ini karena pada sepertiga malam terakhir, sebagaimana firman Allah dalam QS. Al-Muzammil ayat 20: 

“Sesungguhnya Tuhanmu mengetahui bahwasanya kamu berdiri (sembahyang) kurang dari dua pertiga malam, atau seperdua malam atau sepertiganya dan (demikian pula) segolongan dari orang-orang yang bersama kamu.”

Jika, terlepas dari upaya tulus kamu untuk bangun dan salat tahajud, kamu tidak sengaja tertidur di tengah malam, kamu tidak perlu merasa bersalah. 

Berdasrkan ayat di atas, Allah telah mencatat niat tulus kamu untuk salat tahajud dan memberikan tidur kamu itu sebagai rahmat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: