Ini Tiga Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga Selama Ramadan

Ini Tiga Waktu yang Tepat Untuk Berolahraga Selama Ramadan

Ilustrasi berolahraga ketika sedang berpuasa-Pexels-

INFORADAR.ID - Bulan Ramadan merupakan waktu di mana umat muslim di seluruh dunia melakukan puasa, tapi bukan berarti berhenti melakukan aktivitas olahraga.

Masyarakat Indonesia yang menjalani ibadah puasa sebaiknya selalu menjaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Selama Ramadan umat muslim akan menahan rasa lapar dan haus selama 12 jam lamannya.

Selain itu, selama Ramadah banyak akan banyak kegiatan yang akan dilakukan di antaranya ibadah salat traweh san sahur atau makan di waktu dinihari. Tentunya, pola ini harus menjadi adaptasi bagi setiap orang.

Walau saat Ramadan kamu tidak makan dan minum karena berpuasa, tetapi ada aktivitas yang produktif yang bisa dilakukan selama bulan Ramadan. Tentunya aktivitas ini untuk menjaga kesehata  dan daya tahan tubuh tetap bugar.

Dikutip dari berbagai sumber ada tiga waktu olahraga yang bisa kamu lakukan selama Ramadan, sebagai berikut :

1. Melakukan Olahraga Sebelum Berbuka

Untuk olahraga saat berpuasa ada tiga waktu yang kamu lakukan, yakni sebelum berbuka, setelah berbuka dan sebelum sahur. Olahraga bisa dilakukan yakni dengan bersepeda, lari kecil dan jalan kaki. 

BACA JUGA:Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa, Nomor Enam Paling Penting

2. Melakukan Olahraga Setelah Berbuka

Untuk kamu yang melakukan olahraga sebelum berbuka, dianjurkan untuk mengurangi intensitas berolahraga jangan terlalu lama karena kalo dipaksakan akan menganggu aktivitas ibadahmu. Jadi dianjurkan secukupnya minimal 20-30 menit sambil ngabuburit.

Untuk kamu yang akan melakukan olahraga setelah berbuka usahakan minum air mineral yang cukup dan makan-makanan yang mengandung energi cepat contohnya, buah apel dan buah-buahan yang lainnya.

3. Melakukan Olahraga Sebelum Sahur

Bagi kamu yang memutuskan olahraga sebelum sahur, tentunya dianjurkan untuk memiliki pola tidur yang cukup dan tidak melakukan aktivitas berat saat siang hari.

Tentunya ketiga aktivitas fisik tersebut sangat bermanfaat, meskipun sedang berpuasa. Dengan aktivitas fisik masih kebugaran tubuh dan kekuatan fisik akan tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: