Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa, Nomor Enam Paling Penting

Tips Menjaga Kesehatan Selama Berpuasa, Nomor Enam Paling Penting

ilustrasi sahur bersama keluarga -iStock-

INFORADAR.ID - Berpuasa selama bulan Ramadan adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, tetapi juga menimbulkan tantangan bagi kesehatan

Maka dari itu, menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan ramadan menjadi hal yang penting dilakukan, baik bagi lansia maupun remaja agar kualitas ibadah puasa semakin bagus.

Agar tetap sehat dan bugar selama menjalani ibadah puasa, ada beberapa tips menjaga kesehatan selama berpuasa yang dapat diikuti:

1. Sahur yang Sehat :

Mulailah hari dengan sahur yang seimbang. Pilihlah makanan yang kaya akan karbohidrat kompleks, protein, serat, serta vitamin dan mineral. Contohnya, roti gandum, sereal, telur, dan buah-buahan segar.

2. Perbanyak Asupan Cairan :

Pastikan untuk minum banyak air selama waktu sahur dan berbuka. Hindari minuman berkafein dan berkarbonasi, karena dapat menyebabkan dehidrasi. Air putih adalah pilihan terbaik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

BACA JUGA:Hindari Kesalahan dalam Berpuasa yang Sering Dilakukan Banyak Orang, Ini Beberapa Contohnya

3. Kurangi Makanan Berlemak dan Manis :

Hindari makanan yang tinggi gula dan lemak jenuh. Pilihlah makanan yang rendah gula dan lemak, serta tinggi serat untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan menghindari peningkatan berat badan.

4. Porsi Makan yang Terkontrol :

Meskipun mungkin tergoda untuk mengonsumsi makanan dalam jumlah besar saat berbuka, usahakan untuk mengontrol porsi makan. Hindari makan berlebihan yang dapat menyebabkan rasa tidak nyaman dan pencernaan yang lambat.

5. Aktivitas Fisik Ringan :

Lakukan aktivitas fisik ringan seperti berjalan-jalan ringan atau senam ringan setelah berbuka untuk menjaga tubuh tetap aktif dan meningkatkan sirkulasi darah. Namun, hindari aktivitas fisik yang berat selama waktu panas dan terik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: