Waspada, Inilah Bahaya Tidur Setelah Sahur

Waspada, Inilah Bahaya Tidur Setelah Sahur

ilustrasi tidur setelah sahur--Freepik @vecstock

Tidur setelah sahur membuat sistem pencernaan sulit mencerna makanan. Ini berarti dibutuhkan lebih banyak asupan darah untuk memperlancar fungsi lambung. Bahkan, saat tidur pun, otak membutuhkan suplai darah yang teratur.

Aliran darah yang deras ke perut dapat menyebabkan otak kekurangan oksigen. Dalam jangka panjang, jika kebiasaan ini terus berlanjut, dapat menyebabkan kelumpuhan.

6. Berpotensi menghalangi rejeki 

Ibnul Qayyim al-Jauziyah adalah salah satu ulama yang berpendapat bahwa tidur setelah subuh hukumnya haram. Menurut Ibnu Qayyim al-Jauziyah, waktu tersebut bagaikan harta rampasan perang dan memiliki banyak keutamaan. Salah satunya adalah waktu turunnya rezeki dan datangnya berkah.

Rasulullah bahkan mendoakan langsung orang- orang yang mau berkegiatan di pagi hari, "Ya Allah, berkahilah umatku pada pagi harinya." (HR Abu Dawud, Ibnu Majah, dan At-Tirmidzi)

Dengan adanya bahaya-bahaya tersebut, penting bagi mereka yang berpuasa untuk waspada dan berhati-hati terhadap kebiasaan tidur setelah sahur. Sebaliknya, disarankan untuk tetap aktif setelah Safur dengan kegiatan ringan seperti membaca Al Qur'an atau berjalan-jalan di sekitar rumah.(*)

BACA JUGA:Manfaat Mandi Sebelum Tidur Menurut Sleep Foundation

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: