Waspada, Inilah Bahaya Tidur Setelah Sahur

Waspada, Inilah Bahaya Tidur Setelah Sahur

ilustrasi tidur setelah sahur--Freepik @vecstock

INFORADAR.ID - Tidur setelah sahur, Sahur adalah waktu yang sangat penting bagi umat Muslim selama bulan Ramadan. Ini adalah waktu di mana mereka dapat mengisi perut mereka sebelum memulai puasa.

Namun, setelah makan sahur yang cukup, keinginan untuk kembali tidur sering kali sangat kuat. Tidur setelah sahur sepertinya merupakan pilihan yang menggoda untuk mendapatkan sedikit lebih banyak istirahat sebelum hari yang panjang tanpa makan atau minum.

Namun, di balik kenikmatan sementara itu, ada banyak risiko dan bahaya tidur setelah sahur yang harus kita waspadai. Penting untuk memahami risiko yang terkait dengan tidur setelah sahur untuk melindungi kesehatan dan kualitas ibadah kita selama bulan Ramadan yang penuh berkah ini.

1. Penambahan berat badan (penumpukan lemak tubuh)

Tidur setelah safur dapat menghambat proses pencernaan makanan. Kalori dari makanan yang seharusnya dibakar malah disimpan di dalam tubuh. Selama puasa Ramadan, perut menjadi kembung dan berlemak. Tidur setelah makan safur juga membuat perut menjadi lapar. Akibatnya, rasa lapar ini meningkatkan jumlah makanan yang dimakan saat berbuka puasa.

2. Tubuh melemah

Setelah makan sahur, tubuh mencurahkan sebagian besar energinya untuk proses pencernaan. Aktivitas ini membutuhkan aliran darah dan energi, dan selama tidur sebagian besar sumber daya tubuh dicurahkan untuk mencerna makanan.

Oleh karena itu, saat berpuasa, tubuh mungkin akan terasa lemas karena energi yang biasanya digunakan untuk beraktivitas sehari-hari dialihkan untuk proses pencernaan.

BACA JUGA:3 Jenis Gangguan Tidur yang Sering Dialami Banyak Orang, Simak Juga Cara Atasinya

3. Penyebab GERD dan sembelit

Normalnya, tubuh membutuhkan waktu dua jam untuk mencerna makanan, sehingga perut menjadi kosong. Makanan yang tersisa berjalan ke usus, di mana makanan tersebut dikompresi menjadi feses. Namun, tidur setelah makan membuat sistem pencernaan sulit bekerja. Asam lambung berfluktuasi, menyebabkan rasa sakit di perut. Tidur segera setelah sahur dapat menyebabkan sakit perut yang dapat mengganggu puasa.

4. Serangan jantung

Kebiasaan tidur setelah makan ternyata memiliki efek negatif yang sama dengan ledakan emosi yang meledak-ledak. Makan makanan berat dan kemudian langsung tidur kurang dari dua jam dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah pada malam hari.

5. Terkena Stroke

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: