Mau Wawancara Kerja Tapi Bingung? Lakukan Persiapannya dengan Melakukan 7 Hal Ini

Mau Wawancara Kerja Tapi Bingung? Lakukan Persiapannya dengan Melakukan 7 Hal Ini

potret seseorang yang sedang melakukan wawancara.-freepik/@yanalya-

Mengapa kamu cocok untuk perusahaan ini?

Apa yang kamu bawa ke dalam tim?

Jika kamu menghadapi masalah di tempat kerja, bagaimana kamu mengatasinya?

BACA JUGA:Sering Merasa jenuh dalam Pekerjaan? Lakukan Tips Ini Agar Membuat Pekerjaanmu Lebih Bermakna

3. Persiapkan Kelebihan dan Kekurangan

Apa tantangan terbesar yang kamu hadapi di tempat kerja? Apa kelebihan kamu? Apa kekurangan terbesar kamu? Pertanyaan-pertanyaan ini sering ditanyakan dalam wawancara.

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan ini terkadang terlihat seperti memuji diri sendiri, seperti "Saya orang yang sangat terorganisir". Namun, jawaban yang jujur dan terbuka terkadang lebih efektif.

Jika kamu melamar untuk posisi kepemimpinan, penting untuk menekankan kualitas kepemimpinan dan kemandirian kamu. 

Misalnya, "Saya pandai mengomunikasikan visi saya kepada orang lain dan dapat membuat orang lain bersemangat untuk mencapai tujuan mereka." Itu merupakan kekuatan yang baik. 

Adapun untuk kekurangan, kamu bisa menjawabnya seperti, "Terkadang saya cenderung bekerja terlalu cepat dan terlalu banyak berusaha dalam proyek."

Jika kamu melamar sebagai pegawai biasa, kamu tidak perlu menekankan kemampuan kepemimpinan kamu. 

Kelebihan, misalnya, "Saya dapat dengan cepat mengikuti instruksi pemimpin dan mempelajari hal-hal baru dengan cepat." 

Kekurangan, misalnya, "Saya terbiasa membantu orang lain mengimplementasikan ide mereka, tetapi saya sering kekurangan ide."

4. Mempersiapkan Pertanyaan

Pewawancara terkadang akan memberikan kesempatan bagi kamu untuk mengajukan pertanyaan sendiri untuk Perusahaan atau pewawancara itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: