Gak Mesti ke Dokter, Ini Obat Tradisional yang Mampu Atasi Hipertensi

Gak Mesti ke Dokter, Ini Obat Tradisional yang Mampu Atasi Hipertensi

Penderita hipertensi -Istock-

INFORADAR.ID - Hipertensi atau tekanan darah tinggi banyak dialami oleh banyak orang saat ini. Namun tahukah kamu kalau ada obat tradisional yang mampu mengobati hipertensi. 

Dengan mengonsumsi obat tradisional ini maka kamu tidak perlu lagi untuk pergi berobat ke dokter. Cukup buat ramuan ini di rumah maka dijamin hipertensi dapat diatasi. 

Obat tradisional yang dapat mengatasi hipertensi adalah buah mengkudu. Buah dengan nama ilmiah morinda citrifolia ini punya manfaat mengatasi hipertensi karena mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. 

Buah mengkudu mengandung senyawa kimia yang disebut sebagai prexeronin. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah dengan cara bekerja pada vasoaktif endotel. Selain itu buah mengkudu juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki efek vasodilator.

Efek vasodilator ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menurun dan beban pompa jantung juga akan menurun.

BACA JUGA:Ini Penjelasan Kulit Semangka Dapat Mengatasi Masalah Hipertensi dan Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Mengkudu juga mempunyai kandungan zat aktif xeronine yang memiliki efek diuretik atau menaikkan output urin. Xeronine menurunkan tekanan darah dengan mekanisme menurunkan volume cairan tubuh sehingga tahanan perifer akan menurun dan pada akhirnya tekanan darah juga menurun.

Selain dapat mengatasi hipertensi, buah mengkudu juga punya manfaat terapeutik seperti antirival, anti bakteri, anti tumor, anti jamur, efek peningkatan kekebalan tubuh dan mencegah kolestrol. 

Untuk mengolah buah mengkudu menjadi obat tradisional juga sangat mudah. Langkah pertama yang kamu dapat lakukan adalah diblender atau dijadikan jus. Proses membuat jus mengkudu sangat sederhana. Cukup sediakan satu buah mengkudu dengan berat sekitar 100 gram hingga 250gram.

Kemudian kupas dan ambil daging buahnya. Selanjutnya, daging buah dipotong-potong dan tambahkan air yang sudah matang. Agar lebih enak disarankan untuk menambah madu 20 mililiter dan gula satu sendok. 

Setelah semua tahapan itu dilakukan nyalakan blender. Setelah halus, jus buah mengkudu sudah bisa untuk dinikmati. Untuk mendapatkan khasiatnya dianjurkan mengonsumsi jus buah mengkudu 200 ukuran 200 mililiter sebanyak dua kali sehari. (*)

BACA JUGA:Mengapa Buah Mengkudu Mujarab Atasi Hipertensi, Ternyata Ini Alasannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: