Mengapa Buah Mengkudu Mujarab Atasi Hipertensi, Ternyata Ini Alasannya

Mengapa Buah Mengkudu Mujarab Atasi Hipertensi, Ternyata Ini Alasannya

Buah mengkudu-iStock-

INFORADAR.ID - Buah Mengkudu diketahui merupakan obat alami yang dapat mengatasi masalah hipertensi. Buah dengan nama ilmiah morinda citrifolia ini mempunyai kandungan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan

Buah mengkudu adalah salah satu obat tradisional yang digunakan masyarakat untuk menurunkan tekanan darah atau hipertensi.

Hal tersebut dikarenakan buah mengkudu memiliki berbagai efek terapeutik seperti antirival, anti bakteri, anti tumor, anti jamur, efek peningkatan kekebalan tubuh, mencegah kolestrol, serta dapat menurunkan hipertensi.

Buah mengkudu mengandung senyawa kimia yang disebut sebagai prexeronin. Senyawa ini dapat menurunkan tekanan darah dengan cara bekerja pada vasoaktif endotel. Selain itu buah mengkudu juga mengandung senyawa scopoletin yang memiliki efek vasodilator.

Efek vasodilator ini dapat melebarkan pembuluh darah sehingga tekanan darah akan menurun dan beban pompa jantung juga akan menurun.

Mengkudu juga mempunyai kandungan zat aktif xeronine yang memiliki efek diuretik atau menaikkan output urin. Xeronine menurunkan tekanan darah dengan mekanisme menurunkan volume cairan tubuh sehingga tahanan perifer akan menurun dan pada akhirnya tekanan darah juga menurun. 

BACA JUGA:Mujarab untuk Obati Hipertensi, Begini Cara Olah Buah Mengkudu Sebelum Dikonsumsi

Untuk mendapatkan manfaat atau khasiat dari buah mengkudu tersebut cara pengolahannya ternyata sangat sederhana.

Cukup dengan, diparut maupun di blender atau dijadikan jus. Proses membuat jus mengkudu sangat sederhana. Cukup sediakan satu buah mengkudu dengan berat sekitar 100 gram hingga 250gram.

Kemudian kupas dan ambil daging buahnya. Selanjutnya, daging buah dipotong-potong dan tambahkan air yang sudah matang. Agar lebih enak disarankan untuk menambah madu 20 mililiter dan gula satu sendok. 

Setelah semua tahapan itu dilakukan nyalakan blender. Setelah halus, jus buah mengkudu sudah bisa untuk dinikmati. Untuk mendapatkan khasiatnya dianjurkan mengonsumsi jus buah mengkudu 200 ukuran 200 mililiter sebanyak dua kali sehari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: