Mantaaf Konsumsi Mengkudu, Dapat Mencegah Kanker dan Sumber Antioksidan

Mantaaf Konsumsi Mengkudu, Dapat Mencegah Kanker dan Sumber Antioksidan

Buah mengkudu-pixabay-

INFORADAR.ID - Selain dikenal memiliki rasa yang pahit, buah mengkudu (Morinda citrifolia) kaya akan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

Tanaman yang mampu tumbuh hingga ketinggian 1,5 meter ini ternyata kaya akan antioksidan. 

Berikut ini beberapa manfaat buah mengkudu bagi kesehatan.

1. Sumber Antioksidan

Buah mengkudu mengandung senyawa kimia selenin yang merupakan salah satu mineral penting sebagai sumber antioksidan alami bagi tubuh. Zat antioksidan  berfungsi sebagai penangkal radikal bebas yang bemanfaat bagi kekebalan tubuh. Alhasil, jika seseorang terbebas dari radikal bebas maka akan terjamin kesehatannya.

2. Sebagai Anti Bakteri

Buah mengkudu juga mengandung senyawa-senyawa aktif seperti scolopetin dan antraquinon. Zat tersebut berfungsi sebagai  zat antibakteri yang dapat mencegah infeksi kuman dalam tubuh dan mencegah alergi

BACA JUGA:Mengapa Buah Mengkudu Mujarab Atasi Hipertensi, Ternyata Ini Alasannya

3. Mempercepat Regenerasi Sel Tubuh

Dalam buah mengkudu juga terdapat senyawa terpenoid dan xeronine. Kedua zat tersebut memiliki kemampuan untuk mengaktifkan protein-protein yang tidak aktif serta membantuntubuh menggantikan sel sel yang mati.

4. Mencegah dan Mengobati Kanker

Kandungan zat anti kanker yang terdapat dalam buah mengkudu berfungsi sebagai pembunuh dan menghentikan pertumbuhan sel-sel abnormal dalam tubuh.

Adanya kandungan zat-zat analgesik dalam buah mengkudu ternyata dapat berfungsi untuk mengatasi nyeri sendi. 

Selain buahnya, ternyata daun mengkudu juga kerap dikonsumsi masyarakat sebagai obat herbal karena dipercaya dapat meredakan sakit kepala, dan mengatasi masalah kesehatan pencernaan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: