Ini Enam Cara yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ini Enam Cara yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ilustrasi pemeriksaan ginjal-iStock-

Tekanan darah perlu diperhatikan serius terutama penderita yang memiliki riwayat tekanan darah yang tinggi.

Oleh karena itu pemeriksaan atau kontrol kepada dokter secara rutin agar mendapatkan pengobatan hipertensi juga perlu dilakukan. Sebab, tekanan darah tinggi tidak hanya menyebabkan serangan jantung akan tetapi juga pada sel-sel ginjal.

5. Hindari Obat Anti Nyeri

Menghindari mengonsumsi rutin obat antinyeri juga bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Obat nyeri seperti ibuprofen, natrium dikofenal dan lain-lain diketahui dapat menyebabkan kerusakan ginjal.

Selain enam cara tersebut, masih ada beberapa cara lain untuk menjaga kesehatan ginjal. Seperti mengonsumsi air yang cukup, berhenti merokok dan minum minuman beralkohol. 

6.  Kurangi Konsumsi Garam

Mengurangi mengonsumsi garam juga sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan ginjal. Hal tersebut dikarenakan, mengonsumsi garam apalagi berlebihan dapat menyebabkan resiko peningkatan tekanan darah yang tentunya juga dapat berimplikasi pada ginjal. 

Nah itulah cara menjaga kesehatan ginjal. Selain enam cara tersebut masih ada cara lain yang harus dilakukan seperti minum air yang cukup, berhenti merokok dan hindari minuman beralkohol. 

Artikel ini telah ditayangkan https://p2ptm.kemkes.go.id dengan judul: Fungsi dan Faktor Risiko Ginjal. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: