Ini Enam Cara yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ini Enam Cara yang Harus Dilakukan Untuk Menjaga Kesehatan Ginjal

Ilustrasi pemeriksaan ginjal-iStock-

INFORADAR.ID - Organ ginjal merupakan salah satu organ yang viral di dalam tubuh manusia. Organ ini punya tugas yang amat penting untuk kesehatan manusia. Kerusakan ginjal dapat menyebabkan hal fatal seperti kematian. 

Seperti diketahui ginjal berbentuk mirip kacang. Letaknya ada di belakang perut atau abdomen. Ginjal terletak di kanan dan kiri tulang belakang, di bawah hati dan limpa. 

Fungsi untuk tubuh manusia amat penting. Yakni membuang racun, kadar garam, air dan mineral berlebih serta limbah yang mengandung urea atau nitrogen. 

Karenanya fungsinya yang begitu penting untuk tubuh kita maka menjaga kesehatan ginjal harus dilakukan sejak dini. 

Berikut ini enam cara yang bisa dilakukan untuk merawat ginjal agar berfungsi dengan baik: 

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makanan juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal. Menjaga pola makan yang sehat dapat mendukung kinerja ginjal agar dapat bekerja secara optimal.

Sejumlah penyakit awalnya dipengaruhi oleh penyakit utama yang mendahuluinya. Seperti diabetes melitus, kadar asam, tekanan darah tinggi, dan lain-lain. Oleh karena itu diperlukan upaya mengubah kebiasaan dengan konsumsi makanan yang sehat dan memiliki komposisi nilai gizi yang seimbang

2. Olahraga Rutin

Menjaga kesehatan ginjal dapat dilakukan dengan melakukan olahraga secara berkala atau rutin. Olahraga yang rutin dapat menjaga kesehatan jantung, mencegah kenaikan berat badan, melancarkan sistem peredaran darah yang dapat memberi dampak optimal pada fungsi-fungsi organ tubuh kita.

3. Jaga Kestabilan Kadar Gula Darah

Sejumlah kasus komplikasi diabetes melitus dalat menyebabkan kerusakan ginjal. Oleh karena itu untuk penderita diabetes melitus disarankan untuk melakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin dengan harapan dapat mencegah secara dini kemungkinan terjadinya komplikasi kerusakan ginjal.

4.  Jaga Kestabilan Tekanan Darah

Menjaga kestabilan tekanan darah juga berpengaruh terhadap kesehatan ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: