Kulit Buah Ini Punya Sumber Antioksidan yang Kaya Manfaat untuk Tubuh, Ini Nama Buahnya

Kulit Buah Ini Punya Sumber Antioksidan yang Kaya Manfaat untuk Tubuh, Ini Nama Buahnya

Buah-buahan yang mengandung antioksidan-Istock-

INFORADAR.ID - Tidak dipungkiri lagi, kebiasaan masyarakat kita hanya mengonsumsi daging buah dibandingkan kulitnya. 

Padahal, sejumlah buah bagian kulitnya justru sangat bermanfaat untuk kesehatan sehingga saya bila dibuang. Buah naga misalnya. Pada bagian kulitnya, buah ini ternyata punya kandungan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. 

Kandungan antioksidan dalam kulit buah naga tersebut karena terdapat beberapa senyawa anthocyanin. 

Selain mengandung antioksidan, kulit buah naga ternyata punya manfaat yang baik untuk kesehatan. Manfaat itu diantaranya: 

1. Mencegah Penyumbatan Pembuluh Darah

Mengonsumsi kulit buah naga ternyata dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dikarenakan, kulit buah naga mengandung antosianin. Fungsinya adalah mencegah terjadinya penyakit pembuluh darah atau dalam istilah medisnya adalah aterosklerosis. 

2. Mencegah Kanker

Selain dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah, manfaat lain dari mengonsumsi kulit buah naga adalah dapat mencegah kanker. 

Untuk diketahui kanker merupakan penyakit menjadi salah satu penyebab kematian dan masuk ke daftar sepuluh besar. Berdasarkan hasil riset para pakar, kandungan kulit buah naga terdapat fitoalbumin yang berkombinasi dengan vitamin C dan mineral lain.

Manfaat kandungan tersebut adalahd dapat mencegah segala jenis penyakit kanker. Diantaranya kanker darah, payudara, paru-paru, liver, dan lain-lain. 

3. Mendeteksi Zat Kimia Berbahaya

Kulit buah naga dapat mendeteksi zat kimia berbahaya seperti boraks dan formalin pada makanan. Boraks dan formalin diketahui dapat berdampak buruk pada manusia. Dampaknya adalah dapat menumbuhkan kanker, kerusakan otak bahkan tumor. 

Nah itulah manfaat dari mengonsumsi kulit buah naga. Untuk mendapatkan manfaatnya tersebut, kamu tentunya harus mencuci bersih kulit buah naga sebelum dikonsumsi. 

Agar lebih mudah dikonsumsi, kulit buah naga disarankan dibuat jus dengan dicampur madu sesuai selera. Disarankan untuk mengonsumsinya pada siang dan malam hari. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: