Sering Merasa Insecure? Lakukan Tips Agar Kamu Bisa Menerima Keterbatasan Diri Sendiri

Sering Merasa Insecure? Lakukan Tips Agar Kamu Bisa Menerima Keterbatasan Diri Sendiri

Potret orang yang bersyukur dengan keadaan.-freepik/@cookie_studio-

Kamu mungkin takut tersinggung atau marah oleh orang lain, tetapi selalu lebih baik untuk mengakui kesalahan kamu daripada mencoba menutupinya dengan kebohongan. 

Mengakui kesalahan dan kekurangan diri kamu akan terlihat lebih rendah hati di mata orang lain dan menunjukkan ketangguhan dan sikap tidak mementingkan diri sendiri.

Jika tindakanmu berdampak negatif pada orang lain, dengarkan dengan tulus apa yang mereka katakan dan jangan bersikap defensif.

Dengan mengakui kesalahan, akan membuat orang lain lebih menghormati kamu, baik itu anak kamu atau rekan kerja. Kemudian bekerja sama untuk menemukan solusi untuk memperbaiki situasi.

5. Minta maaf atas kesalahan yang dilakukan

Jika kamu telah melakukan kesalahan, akuilah bahwa kamu salah. Mungkin sulit untuk meminta maaf kepada orang lain, tetapi terkadang penting untuk mengesampingkan harga diri kamu untuk memperbaiki hubungan dengan orang itu. Permintaan maaf yang tulus adalah tanda kerendahan hati yang luar biasa.

Lakukan kontak mata saat kamu meminta maaf kepada orang lain untuk menunjukkan bahwa kamu benar-benar peduli.

Jangan mengulangi kesalahan yang sama. Setelah meminta maaf, berusahalah untuk memperbaiki perilaku diri kamu agar tidak mengulangi kesalahan yang sama.

6. Terbukalah dan terima masukan

Tidak ada orang yang sempurna, tapi kita bisa belajar dari satu sama lain untuk memperkuat keterampilan terbaik kita dan mendapatkan keterampilan baru. 

Temukan seseorang yang ingin kamu tiru dalam bidang tertentu dan mintalah mereka untuk membimbing diri kamu pribadi. 

Ketika kamu melakukan kesalahan, terimalah umpan balik dengan lapang dada dan berusahalah untuk menerapkan umpan balik tersebut pada usahamu berikutnya. 

Jika kamu mengambil hobi baru, seperti seni, musik atau olahraga, dengarkan dan perhatikan kritik orang lain atas apa yang akan dilakukan. 

Mereka tidak berusaha menjatuhkan diri kamu, mereka hanya berusaha memastikan bahwa kamu terus berkembang sampai kamu melakukan yang terbaik.

BACA JUGA:Tips Mencerahkan dan Menjaga Keseimbangan MissV

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: