Cara Mengatur Stress yang Sangat Penting Diperhatikan, Cocok untuk Para Lansia

Cara Mengatur Stress yang Sangat Penting Diperhatikan, Cocok untuk Para Lansia

Potret orang yang sedang mengalami stres.-freepik/@8photo-

INFORADAR.ID – Atur Tingkat stress Anda ketika sudah melewati masa pensiun di masa Lanjut Usia (Lansia) yang harus diterapkan dan cocok bagi Anda.

Masa pensiun adalah masa ketika orang akhirnya bisa menyingkirkan jam alarm dan mengatur jadwal mereka sendiri. 

Kebebasan baru ini mungkin terdengar indah, tetapi bagi jutaan orang dewasa yang mendekati masa pensiun, hal ini dapat menjadi sumber stres jika mereka tidak berhati-hati.

Dengan berkurangnya tunjangan pensiun akibat jatuhnya pasar, sehingga dapat meningkatnya biaya perawatan kesehatan di masa tua.

Pada masa lansia ini menjadi salah satu tantangan tersendiri untuk dihadapi, karena tidak menutup kemungkinan di masa lansian ini justru bisa menajdi salah satu pemicu stress bagi Anda di usia tua.

Maka dari itu, untuk memiliki kehidupan yang lebih tenang di masa lansian nanti, Anda bisa melakukan beberapa cara dan tahapan untuk mengelola dan mengatur stress, seperti:

Rencanakan Kegiatan Terarah di Masa Tua

Seberapa besar pekerjaan Anda saat ini sehingga dapat mempengaruhi interaksi sosial dan rasa memiliki tujuan hidup Anda.

Bagi banyak orang dengan status lansia, tempat kerja adalah tempat interaksi sosial, percakapan yang dapat merangsang dan memiliki rasa pencapaian.

Anda harus merencanakan kegiatan yang dapat menggantikan stimulasi dan kepuasan yang Anda dapatkan dari pekerjaan. 

Ini bisa mencakup klub sosial yang berfokus pada hobi seperti memasak, membaca atau berkebun, juga melakukan apapun yang Anda sukai.

BACA JUGA:5 Tips Ini Atasi Stres di Tempat Kerja

Tetap Bekerja Jika Masih Mampu

Menjalani hari-hari di masa tua, biasanya akan banyak orang yang merasa bosan jika hanya berdiam diri saja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: