Ini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Ini Cara Mudah Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Seseorang yang sedang berpayung saat musim hujan-iStock-

INFORADAR.ID - Ini dia cara mudah menjaga kesehatan saat musim penghujan. Cara ini dianggap sangat efektif agar kondisi tubuh bisa selalu sehat dan bugar. 

Untuk diketahui, saat musim penghujan dapat menimbulkan masalah kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan dan kulit. Selain itu, saat musim penghujan resiko terkena flu, batuk, dan pilek lebih tinggi karena kelembaban udara yang tinggi dan suhu yang rendah. 

Berikut ini cara mudah menjaga kesehatan pada saat musim penghujan. Cara ini bisa dipraktikkan sendiri agar badan bisa selalu sehat dan bugar. 

1. Konsumsi Makanan Bergizi

Mengonsumsi makan bergizi memang sangat dianjurkan agar badan bisa tetap sehat pada musim penghujan. Mengonsumsi makanan kaya nutrisi seperti sayuran, buah, biji-bijian dan protein tanpa lemak dapat meningkatkan daya tahan tubuh. 

2. Cuci Tangan

Rajin mencuci tangan dengan sabun juga sangat dianjurkan pada musim penghujan. Manfaat dari mencuci tangan dengan sabun dapat mengurangi resiko penyebaran infeksi. Pada musim penghujan, penyebaran infeksi sangat tinggi sehingga tindakan mencuci tangan dengan sabun harus sering dilakukan. 

BACA JUGA:Bagaimakah Tips Menjaga Kesehatan Tubuh saat Musim Penghujan? Cukup Terapkan Pola Makan yang Sehat

3. Minum Air Cukup

Minum air yang cukup meskipun tidak sedang haus juga penting dilakukan untuk menjaga kesehatan. Mengonsumsi air putih dapat menghindari dari dehidrasi. Selain itu, banyak minum air juga dapat membuang racun dari tubuh. 

 4. Olahraga Teratur

Berolahraga yang teratur pada musim penghujan juga perlu dilakukan agar badan sehat. Agar tidak terkena air saat musim hujan, berolahraga di ruangan sangat dianjurkan. Selain itu, olahraga juga dapat dilakukan setelah hujan reda. Berolahraga teratur tak hanya membuat badan lebih sehat akan tetapi juga dapat menyehatkan mental. 

5. Hindari Minuman Dingin 

Menghindari minuman dan makanan dingin juga harus dilakukan saat musim penghujan. Mengonsumsi makanan dingin atau pun air dingin dapat menurunkan suhu tubuh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: