Recruitment Guru Bangsa II Tingkat Nasional: Puncak Inovasi dan Dedikasi LAPENMI Cabang Serang

Recruitment Guru Bangsa II Tingkat Nasional: Puncak Inovasi dan Dedikasi LAPENMI Cabang Serang

Potret pasca kegiatan Rekrutmen Guru Bangsa oleh HMI Cabang Serang.-@lapenmi-

INFORADAR.ID - Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (LAPENMI) HMI Cabang Serang Sukses Menggelar Recruitment Guru Bangsa (RGB) II Tingkat Nasional di SKh Negeri 1 Pandeglang, 22-24 Desember 2023, di Bawah Kepemimpinan Visioner oleh Suryadi selaku Direktur Eksekutif LAPENMI 2022-2023.

Rekrutmen Guru Bangsa (RGB) merupakan sebuah program kegiatan pendidikan dan pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan Mahasiswa Islam (LAPENMI).

Program ini dirancang khusus untuk melibatkan kader-kader HMI dalam upaya perekrutan anggota untuk LAPENMI (Lembaga Pengembangan Profesi) yang merupakan salah satu lembaga di dalam struktur HMI yang fokus pada pengembangan profesi, terutama dalam konteks pendidikan.

Kegiatan ini mengambil tema "Penguatan paradigma pendidikan dalam bingkai Ke-Islaman dan Ke-Indonesiaan," yang mencerminkan fokusnya pada dua aspek penting: nilai-nilai keislaman dan ke-Indonesiaan dalam konteks pendidikan".

Tujuan utama kegiatan ini adalah membentuk kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang berkualitas sebagai insan cita dan profesional di bidang pendidikan, dengan harapan dapat memberikan kontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas keilmuan masyarakat.

Peserta yang mengikuti pelatihan telah mengikuti tahapan seleksi, dimulai dari seleksi berkas dan screening test yang di dalamnya terdapat muatan materi seleksi BTQ, ke-Islaman, ke-Indonesiaan, wawasan pendidikan, dan karya tulis ilmiah.

Tahapan seleksi ini dirancang untuk memastikan bahwa peserta yang dipilih tidak hanya memenuhi persyaratan teknis, tetapi juga memiliki kompetensi, pengetahuan, dan nilai-nilai yang sesuai dengan tujuan dan fokus program tentang nilai-nilai keislaman, kebangsaan, serta wawasan yang relevan dalam bidang pendidikan. 

Dalam pelatihan tersebut, peserta diberikan muatan materi tentang pendidikan, namun sebelumnya diawali dengan penguatan pada Profil, Konstitusi dan Platform Gerakan LAPENMI.

Dilanjutkan dengan materi Filsafat Pendidikan dan Pendidikan Perdamaian, Curiculum Development, Information and Communication Technology on Education, Manajemen Pendidikan, Psikologi Pendidikan, Public Speaking and Ice Breaking, Strategi Pembelajaran, Kebijakan Pendidikan, Metodelogi penelitian dan Edupreneurship.

Dengan muatan materi yang beragam tentunya menghadirkan pemateri yang memiliki kualifikasi tinggi dalam bidangnya dan sekaligus Alumni HMI, pelatihan dapat menjadi lebih bermakna dan memberikan dampak positif yang lebih besar. Kombinasi antara pengetahuan akademis, pengalaman praktis, dan identifikasi dengan nilai-nilai organisasi dapat menciptakan lingkungan pembelajaran yang optimal.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: