Fakta Menarik Tentang Suasana Hati yang Jarang Disadari

Fakta Menarik Tentang Suasana Hati yang Jarang Disadari

ilustrasi suasana hati seseorang--sumber & design freepik.com

INFORADAR.ID - Suasana hati adalah kondisi emosional yang bersifat sementara. Hal ini dapat dipengaruhi oleh banyak hal, bahkan cuaca.

Suasana hati adalah cerminan dari keadaan emosi yang bersifat sementara. Emosi ini dapat dibagi menjadi dua kategori: Suasana hati yang baik dan Suasana hati yang buruk.

Suasana hati yang buruk membuat seseorang sulit mengendalikan emosi dan membuat seseorang merasa gelisah dan tidak dapat berkonsentrasi pada berbagai hal. Istilah lainnya adalah "pemarah". Ini adalah kondisi yang ditandai dengan perubahan suasana hati yang sering terjadi.

Ada beberapa fakta menarik yang tidak banyak diketahui tentang kemurungan. Berikut ini adalah beberapa di antaranya: 

1. Suasana hati itu menular

Penularan emosi dapat terjadi secara fisiologis atau neurologis yang disebabkan oleh menyesuaikan diri dengan kondisi emosi orang lain selama interaksi. Ekspresi wajah apa pun yang terkait dengan emosi atau tiruannya dapat memicu respons di otak.

Hal ini menyebabkan orang menafsirkan ekspresi wajah yang mereka lihat sebagai emosi yang mereka alami. Inilah sebabnya mengapa suasana hati dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain.

BACA JUGA:6 Ide Mood Booster Ketika Dunia Terlampau Mendung, Nomor 5 Pas untuk yang Jomblo

2. Cuaca mempengaruhi mood

Cuaca juga mempengaruhi suasana hati. Menurut sebuah jurnal ilmiah berjudul Come rain or come shine: individual differences in how weather affects mood, yang diterbitkan dalam American Psychological Association.

Menurut jurnal ilmiah tersebut, Perbedaan bagaimana cuaca mempengaruhi suasana hati, cuaca yang cerah membuat orang berada dalam suasana hati yang baik, lebih waspada, dengan ingatan yang lebih baik dan pikiran yang lebih terbuka. Di sisi lain, cuaca mendung atau hujan biasanya dikaitkan dengan suasana hati yang buruk.

3. Coklat meningkatkan mood

Ada banyak jenis coklat yang berbeda, tetapi cokelat hitam adalah peningkat suasana hati yang paling efektif. Hal ini karena antioksidan dan sifat peningkat suasana hati yang dikandungnya lebih unggul dari jenis cokelat lainnya. Cokelat hitam juga cocok untuk orang yang sedang diet karena mengandung lebih sedikit gula.

4. Jenis musik tertentu juga meningkatkan mood

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: