Mengenal Manfaat Tumbuhan Senna dari Akar Hingga ke Buahnya Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pengobatan

Mengenal Manfaat Tumbuhan Senna dari Akar Hingga ke Buahnya Guna Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Pengobatan

Potret tumbuhan senna yang memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh.-@jamidahasararuddin-

INFORADAR.ID – Sudah tahu dengan tumbuhan Senna? Simak berikut merupakan rangkaian manfaat yang terkandung dari tumbuhan Senna yang bagus bagi kesehatan tubuh.

Nama Senna diambil dari bahasa Arab sana, tanaman yang digunakan sebagai pencahar untuk mengobati sembelit dan membersihkan usus.

Bunga senna biasanya berwarna kuning, dengan lima kelopak dan sepuluh benang sari. Buahnya berbentuk polong dan berisi biji di dalamnya.

Ternyata, tanaman ini banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Terdapat beberapa jenis Senna yang memiliki fungsi khusus. 

Ada yang digunakan sebagai tanaman hias untuk mempercantik lingkungan. Ada pula yang dimanfaatkan sebagai bahan pangan.

Salah satunya adalah Senna Alexandria, di mana jenis ini berupa pohon atau semak. Daunnya menyirip dan berseberangan dengan anak daun dan bunga yang berlawanan di ketiak daun.

Di negara-negara Asia Tenggara seperti Myanmar, Thailand dan Laos, bunga dan daun jenis Senna Siamea banyak digunakan dalam masakan campuran. 

Adapun jenis Senna Obtusifolia digunakan sebagai pengental. Selain itu, meskipun lebih jarang, bunga dari beberapa jenis tumbuhan Senna, seperti Senna Occidentalis, digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah kulit dan infeksi.

Senna Alexandria, yang sudah tersebar luas, biasanya memiliki manfaat tertentu di banyak bagiannya, terutama dalam pengobatan tradisional dan herbal. 

Pertama, bagian yang paling sering digunakan adalah daunnya. Daun Senna mengandung senyawa yang disebut senosida yang memiliki efek pencahar. 

Adanya manfaat dari daun senna ini digunakan untuk meredakan sembelit dan sebagai pengobatan pertolongan pertama untuk membersihkan usus sebelum melakukan pemeriksaan medis.

BACA JUGA:Ini Dia 10 Jenis Makanan Sehat yang Cocok untuk Dietmu Sehari-hari

Bagian kedua, bunganya yang dapat digunakan untuk mengurangi efek samping dari infeksi yang rawan terjadi pada tubuh. 

Bagian terakhir, buahnya yang mengandung komponen pencahar. Buahnya dapat digunakan dalam bentuk ekstrak atau dalam beberapa produk obat herbal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: