Deretan Kota Terdingin di Indonesia Ini Bisa Membuat Betah Selimutan di Ranjang

Deretan Kota Terdingin di Indonesia Ini Bisa Membuat Betah Selimutan di Ranjang

Kota Mulia, Papua Tengah, kota terdingin di Indonesia.-@nona_wouw-instagram.com

INFORADAR.ID - Indonesia, sebagai negara tropis, memiliki dua musim: musim kemarau dan musim hujan. Namun, tahukah Anda jika ada beberapa kota terdingin di Indonesia karena memiliki suhu yang bisa mencapai titik beku?

Suhu rata-rata di Indonesia adalah antara 20 dan 30 derajat celcius, tetapi suhu tidak turun sebanyak di negara-negara yang lebih dingin. Indonesia memiliki beberapa kota terdingin yang layak dikunjungi karena sensasinya.

Beberapa kota terdingin di Indonesia memiliki suhu yang lebih dingin dari rata-rata.

Dilansir dari laman goodstats, inilah daftar kota terdingin di Indonesia tersebut:

BACA JUGA:Wisata Pandeglang Terbaru Ini Siap Tampung Pengunjung di Liburan Akhir Tahun

7. Berastagi, Sumatera Utara
Di Berastagi, Sumatera Utara, suhu rata-rata sering turun di bawah 20 derajat Celcius. Terletak di Pegunungan Barisan, Berastagi merupakan kota terdingin di Indonesia dengan suhu tahunan rata-rata 18°C dan minimum 9°C.

6. Ciwidey, Provinsi Jawa Barat
Ciwidey terletak di ketinggian 1.200 meter dan memiliki suhu rata-rata 13°C. Kota terdingin di Indonesia ini terkenal dengan suasananya yang sejuk dan pemandangan alamnya yang menakjubkan.

BACA JUGA:Masjid 99 Kubah Makassar Karya Ridwan Kamil Masuk Jajaran Masjid Terindah Dunia

5. Batu, Jawa Timur
Suhu terendah yang tercatat di Kota Batu adalah 13 derajat celcius. Kota ini telah menjadi tujuan wisata yang sangat populer sejak zaman Hindia Belanda. Orang Belanda juga menyebut kota ini sebagai 'De Kleine Zwitsang' (Swiss Kecil) pada masa itu.

4. Ruteng, Provinsi Nusa Tenggara Timur
Ruteng di Provinsi Nusa Tenggara Timur juga dikenal sebagai Praha-nya Indonesia. Hal ini karena pusat kabupaten yang terletak 1.200 meter di atas permukaan laut ini memiliki lanskap yang sangat indah dengan banyak bangunan dengan desain modern. Suhu terdingin yang pernah tercatat di Ruteng mencapai 10°C.

BACA JUGA:3 Gunung Paling Berbahaya di Indonesia, Buat Pemula Jangan Coba-coba, ya

3. Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat
Suhu tertinggi di kota ini hanya mencapai 26 derajat celcius, sedangkan suhu terendah yang pernah tercatat di wilayah ini adalah 16 derajat celcius. Kota ini terletak di ketinggian 1.900 meter di atas permukaan laut. Kota Mamasa menawarkan pemandangan yang indah.

2. Waghete, Papua Tengah
Waghete terletak di ketinggian sekitar 1.700 meter (1.700 kaki), di mana suhu di siang hari mencapai 15°C (59°F), namun terus menurun di malam hari, terkadang mencapai 10°C (50°F).

BACA JUGA:3 Rekomendasi Staycation di Anyer, Sambut Tahun Baru dengan View Laut

1. Mulia, Papua Tengah
Wilayah terdingin di Indonesia adalah kota Mulia di Puncak Jayawijaya, Provinsi Papua. Suhu terdingin di daerah ini dapat berkisar dari 9 derajat celcius hingga di bawah titik beku.

Nah itulah daftar kota terdingin di Indonesia yang memiliki suhu lebih dingin dari rata-rata. Semoga suatu hari Anda bisa merasakan langsung keindahan serta kesejukan kota-kota cantik tersebut. Dan Anda pun akan terbuai betah selimutan di ranjang olehnya. (*)

BACA JUGA:Taman Nasional Baluran, Wisata Jawa Timur yang Pernah Jadi Lokasi Syuting Video Klip Raisa

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: goodstats.id